Cara
Mengukur Dan Mengetahui Efektivitas Pembelajaran
Cara Mengukur Dan Mengetahui Efektivitas
Pembelajaran_ sebagai seorang guru ataupun orang tua wajib memahami apakah
pelajaran atau pembelajaran yang selama ini mereka terapkan kepada anaknya
sudah efektif atau belum, hal ini dirasa sangat perlu karena, agar upaya dalam
membelajarkan anak bisa sesuai sasaran dan maksimal.
seorang guru dituntut bukan hanya untuk
mengaja anak tapi lebih dari itu seorang guru juga harus bisa memastikan bahwa
transfer of knowledge yang ia lakukan benar-benar efektif sehingga kepribadian
dan kecerdasan siswa semakin meningkat. sebelum membahas cara Cara Mengukur Dan
Mengetahui Efektivitas Pembelajaran, sebaiknya kita terlebih dahulu harus
memahami pengertian efektifitas itu sendiri dan berikut sedikut ulasan
singkatnya
A. Pengetian Efektivitas
Efektivitas berasal dari kata dasar efektif.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007), kata efektif mempunyai arti efek,
pengaruh, akibat atau dapat membawa hasil. Efektivitas adalah keaktifan, daya
guna, adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan atau suatu keadaan yang
menunjukkan sejauh mana rencana dapat tercapai. Semakin banyak rencana yang
dapat dicapai, semakin efektif pula kegiatan tersebut, sehingga kata
efektivitas dapat juga diartikan sebagai tingkat keberhasilan yang dapat
dicapai dari suatu cara atau usaha tertentu sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai.
B. Cara Mengukur Dan Mengetahui Efektivitas
Pembelajaran
Slavin (2000) keefektifan pembelajaran dapat
diukur menggunakan empat indikator
sebagai berikut :
1. Kualitas pembelajaran (quality of
insurance), yaitu seberapa besar kadar informasi yang disajikan sehingga siswa
dengan mudah dapat mempelajarinya atau tingkat kesalahannya semaki kecil.
Semakin kecil tingkat kesalahan yang
dilakukan berarti semakin efektif pembelajaran. Penentuan tingkat keefektifan
pembelajaran tergantung dengan pencapaian penguasaan tujuan pengajaran
tertentu, biasanya disebut ketuntasan belajar.
2. Kesesuiaan tingkat pembelajaran
(appropriate level of instruksion) yaitu sejauh mana guru memastikan tingkat
kesiapan siswa dalam menerima materi
baru.
3. Insentif yaitu seberapa besar usaha guru
memotivasi siswa untuk menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas dan
mempelajari materi yang diberikan. Makin besar motivasi yang diberikan, makin
besar pula keaktifan siswa dengan demikian pembelajaran akan efektif.
4. Waktu, yaitu waktu yg dibutuhkan untuk
menyelesaikan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran akan efektif apabila siswa
dapat menyelesaikan pelajaran sesuai dengn waktu yang ditentukan.
Eggen dan Kauchan (Mattoaliang,2015)
mengemukakan bahwa efektifitas pembelajaraan
ditandai dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam
pengorganisasian dan penemuan informasi. Oleh karena itu, semakin aktif siswa
dalam pembelajaran maka semakin efektif pula pembelajaran yang dilaksanakan.
C. Ciri-Ciri Efektivitas Pembelajaran
Menurut
Surya (Agsha: 2015) bahwa keefektifan program pembelajaran di tandai
dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1) Berhasil
menghantarkan siswa mencapai
tujuan-tujuan instruksional yang
telah di tetapkan
2) Memberikan
pengalaman belajar yang
atraktif, melibatkan siswa
secara aktif sehingga menunjang pencapaian tujuan
instruksional
3) Memiliki sarana-sarana yang menunjang
proses belajar mengajar.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran yang baik adalah bagaimana guru berhasil menghantarkan
anak didiknya untuk mendapatkan pengetahuan dan memberikan pangalaman belajar
yang antraktif.
D. Kriteria Efektifitas Pembelajaran
Efektifitas metode pembelajaran merupakan
suatu ukuran yang berhubungan dengan tingkat keberhasilan dari suatu proses
pembelajaran. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini mengacu pada:
1) Hasil belajar matematika siswa dikatakan
efektif apabila secara desktiptif memenuhi kriteria berikut :
a) Skor rata-rata hasil belajar matematika
siswa lebih atau sama dengan nilai KKM yaitu 70.
b) Rata-rata gain ternormalisasi minimal
berada pada kategori sedang,
c) Terjadi ketuntasan secara klasikal (80%).
2) Motivasi belajar matematika siswa
dikatakan efektif apabila secara desktiptif memenuhi kriteria berikut :
a) Skor rata-rata motivasi belajar matematika
siswa minimal sedang,
b) Rata-rata gain ternormalisasi minimal
berada pada kategori sedang.
3) Model
pembelajaran dikatakan efektif
jika dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi
belajar siswa.
https://www.rijal09.com/2016/12/cara-mengukur-dan-mengetahui-efektivitas-pembelajaran.html
https://ahmadmuhli.wordpress.com/2011/08/02/efektivitas-pembelajaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar