Senin, 02 November 2020

PTK Guru 2016

 

ABSTRAK

 

Sarkani, 2016. Penerapan Strategi Sepakbola Verbal Untuk Meningkatkan          Aktifitas Belajar Mengajar IPS Dengan Materi Letak dan Luas Benua Asia dengan Benua Lainnya Pada Peserta Didik Kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar.

 

 

Hal-hal  krusial  yang  terjadi  di  kelas  saat  proses  belajar  mengajar  berlangsung  umumnya  adalah  antara  lain  hampir  semua  peserta didik  pasif  dalam   pembelajaran,  mereka  tidak  berani  berbicara  tentang  apa  yang  sudah  dan  belum  diketahui,  meskipun  guru  telah  berusaha  menjelaskan  materi  dengan   jelas  dan  semangat.  Peserta didik  cenderung  tenang  mendengarkan  dan  jika  guru  bertanya,     hanya    sebagian     kecil   yang    dapat    menjawab      sehingga     guru  menyimpulkan bahwa peserta didik kurang paham materi tetapi juga tidak bertanya, Berdasarkan alasan tersebut, maka sangatlah urgen bagi para pendidik  khususnya      guru    memahami       karakteristik     materi,   peserta    didik      dan  metodologi  pembelajaran   dalam  proses  pembelajaran   terutama  berkaitan  pemilihan  terhadap  strategi-strategi  pembelajaran  modern.  Dengan  demikian  proses belajar akan lebih variatif, inovatif dan kostruktif dalam merekontruksi  wawasan  pengetahuan  dan  implementasinya  sehingga  dapat  meningkatkan  aktivitas dan kreativitas peserta didik. Penelitian bertujuan  berupaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar peserta didik   terhadap   pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Sepakbola Verbal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang berusaha mendapatkan data deskriptif, ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian aktivitas guru cukup baik dalam PBM, Aktivitas peserta didik dalam PBM sangat aktif, aktivitas kelompok juga aktif. Hasil dari tes formatif siklus I rata-rata nilai yang diperoleh adalah 7,13 dan ketuntasan belajar klasikal  sebesar 79,20% dan siklus II rata-rata 7,54 dengan ketuntasan klasikal 95,83%. Data menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan strategi pembelajaran Sepakbola Verbal. Selanjutnya penerapan strategi tersebut mendorong meningkatnya aktifitas belajar mengajar pada pembelajaran IPS sangat signifikan pabila dilakukan dengan model pembelajaran Sepakbola Verbal.

 

 

Kata Kunci : Proses Belajar Mengajar, Strategi Pembelajaran, Sepakbola Verbal

KATA  PENGANTAR

 

 

 

 

Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa taala berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, penulisan dan penyusunan hasil PTK (Peenelitian Tindakan Kelas) yang berjudul Penerapan Strategi Sepakbola Verbal Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mengajar IPS Dengan Materi Letak dan Luas Benua Asia dengan Benua Lainnya Pada Peserta Didik Kelas 9 SMP Negeri 2 Anjir Pasa berhasil diselesaikan.

Hasil PTK ini ditulis dan disusun untuk memenuhi tugas pengembangan profesi yang diwajibkan pada setiap guru dalam rangka meningkatkan profesionalnya dalam pendidikan.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.         Bapak Asmiadi, S.Pd,MM  selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Anjir Pasar

     yang telah memberikan arahan dalam penulisan dan penyusunan PTK ini.

2.         Bapak Daman,SE.MM rekan sejawat pengajar IPS yang sudah banyak   

     memberi dukungan dalam penelitian ini.

3.    Rekan-rekan lain saya di SMP Negeri 2 Anjir Pasar  yang banyak memberikan masukan demi mendapatkan perbaikan dalam pelaksanaan penelitian ini.

4.    Semua peserta didik kelas 9A yang bersedia menjadi objek penelitian tindakan kelas.

Semoga hasil penelitian dalam bentuk PTK ini berguna bagi kita semua, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca. Akhirnya, penulis panjatkan doa semoga Allah Subhanahu Wa Taala memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.

 

 

 

                                                                                                                                                                       

 

 

 

 

Anjir Pasar,  September 2016

 

 

 

 

Sarkani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PEMBELAJARAN IPS

 

 

NAMA                                                : SARKANI

NIP                                                     : 19670322.200012.1.002

TEMPAT, TANGGAL LAHIR         : BANJARMASIN, 22 MARET 1967

TEMPAT MENGAJAR                     : SMP NEGERI 2 ANJIR PASAR

JUMLAH SIKLUS                            : 2  SIKLUS

 

                          HARI DAN TANGGAL PELAKSANAAN

No

Hari dan Tanggal

Kegiatan

Keterangan

1

Selasa,  26 Juli 2016

Pertemuan pertama

Siklus I

2

Rabu,  27 Juli 2016

Pertemuan kedua

Tes Formatif

3

Selasa, 2 Agustus 2016

Pertemuan ketiga

Siklus II

4

Rabu,  3 Agustus 2016

Pertemuan keempat

Tes Formatif

           

MASALAH YANG MERUPAKAN FOKUS PENELITIAN :

 1.  Bagaimana aktivitas guru mengajar pelajaran IPS kelas 9A SMP Negeri 2

      Anjir Pasar dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal ?

 

 2.  Bagaimana aktivitas kelompok kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan

      strategi pembelajaran Sepakbola verbal?

 

 3.  Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar

      dengan strategi pembelajaran Sepakbola Verbal ?

 

 

 

                                                          Menyetujui,

Anjir Pasar,  September 2016

Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Asmiadi,S.Pd, MM                                         Sarkani, M.Pd

NIP.196901261993031005                            NIP 196703222000121002

 

 

 

 

DAFTAR  ISI

 

 

         Hal

ABSTRAK ……………………………………………………………         i

KATA PENGANTAR ……………………………………………….           ii

LEMBAR PENGESAHAN ..................................................................         iv

DAFTAR ISI ………………………………………………………….        v

DAFTAR TABEL …………………………………………………….         vi

DAFTAR DIAGRAM ...........................................................................        vii

DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………….       viii

BAB    I   PENDAHULUAN ………………………………………...          1

A.    Latar Belakang ............. …………………....…………...          1

B.     Perumusan Masalah …………………………………….          2

C.     Tujuan Penelitian …………………………….…………          3

D.    Manfaat Penelitian …………………………….………..          3

BAB  II   KAJIAN PUSTAKA …………………………………….           ....          5

A.    Hakekat Proses Belajar Mengajar ...................................           5

B.     Pengertian Strategi Pembelajaran ………………………        10

C.     Strategi Sepakbola Verbal ……………………………...        12

D.    Kerangka berpikir ............................................................        13

E.     Hipotesis ..........................................................................        15

 

BAB III   METODE PENELITIAN ………………………………....        16

A.    Setting Penelitian ..........................………..……………         16

B.     Rencana Tindakan ...........................................................        17

C.     Data dan Cara Pengambilan Data ........................ ...........        21

D.    Analisis Data ...................................................................        22

E.     Indikator Kinerja  ………………………………............        24

  

BAB  IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………….         26

A.    Hasil  Penelitian ...............................…………………...         26

B.     Pembahasan ..... ………………………………………..         40

 

BAB   V  PENUTUP ................................. …………………………...        44

A.    Kesimpulan …………………………………………….         44

B.     Saran …………………………………………………...         44

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………….....          45

LAMPIRAN ………………………………………………………....         46

 

 

 

DAFTAR  TABEL

 

 

 

 

Tabel                                                                                                     Halaman

 

3.1.  Kriteria KKM Mata Pelajaran IPS ............................................             23

 

4.1.  Aktivitas guru dalam siklus I Pertemuan 1 .................………..             27

4.2.  Aktivitas kelompok siklus I Pertemuan 1 ...……………….......            28

4.3.  Nilai tes formatif  siklus I ................……………………….....             30

4.4.  Aktivitas guru dalam siklus II Pertemuan 3 .................…….....                        34

4.5. Aktivitas kelompok siklus II Pertemuan 3 ...……………….......            36

4.6. Nilai tes formatif  II ................………………………………...             37

                                                                                                                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                 Halaman

4.1.    Ketuntasan Belajar Klasikal I .................................................             31

4.2.    Ketuntasan Belajar Klasikal II ................................................             38

4.3.    Perbandingan Aktivitas Guru dalam PBM .............................             40

4.4.    Perbandingan Aktivitas Kelompok dalam PBM ....................             41

4.5.    Perbandingan Hasil Belajar ...................................................               42

4.6.    Perbandingan Ketuntasan Klasikal ........................................              43

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR  LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                  Halaman

1.        Surat Permohonan Izin Penelitian ...................................................           48

2.        Surat Izin Penelitian ........................................................................           49

3.        Surat Melaksanakan Penelitian .......................................................           50

4.        Surat Keterangan Perpustakaan ......................................................           51

5.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ……………………………...            52

6.        Soal Tes formatif ............................................................................           61   

7.        Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran Guru ………………...            66   

8.        Lembar Observasi Kegiatan Kelompok ………………………....             67  

9.        Foto-foto kegiatan ………………………………….....................            68 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB    1

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang Masalah

Hal-hal  krusial  yang  terjadi  di  kelas  saat  proses  belajar  mengajar  berlangsung  umumnya  adalah  antara  lain  hampir  semua  peserta didik  pasif  dalam   pembelajaran,  mereka  tidak  berani  berbicara  tentang  apa  yang  sudah  dan  belum  diketahui,  meskipun  guru  telah  berusaha  menjelaskan  materi  dengan   jelas  dan  semangat.  Peserta didik  cenderung  tenang  mendengarkan  dan  jika  guru  bertanya,     hanya    sebagian     kecil   yang    dapat    menjawab      sehingga     guru  menyimpulkan bahwa peserta didik kurang paham materi tetapi juga tidak bertanya,   hal ini membingungkan guru, tetapi guru menyadari bahwa mendorong peserta didik  untuk berani mengungkapkan ide-ide mereka adalah hal yang penting dalam   belajar, khususnya dalam pelajaran IPS. 

Hal  ini  tentu  saja  akan  membuat  hasil  belajar  peserta didik  menjadi  rendah.  Untuk  mengatasi  dampak  yang  merugikan  dalam  dunia  pendidikan,      khususnya      pelajaran     IPS,    diperlukan      strategi  pembelajaran  yang  dapat  meningkatkan  keterlibatan  peserta didik  dalam  proses  pembelajaran serta menekan perbedaan hasil belajar yang sangat tajam antara  peserta didik   yang   memiliki   kemampuan   tinggi   dengan   peserta didik   yang   memiliki   kemampuan rendah. 

Berdasarkan alasan tersebut, maka sangatlah urgen bagi para pendidik  khususnya      guru    memahami       karakteristik     materi,   peserta    didik      dan  metodologi  pembelajaran   dalam  proses  pembelajaran   terutama  berkaitan  pemilihan  terhadap  strategi-strategi  pembelajaran  modern.  Dengan  demikian  proses belajar akan lebih variatif, inovatif dan kostruktif dalam merekontruksi  wawasan  pengetahuan  dan  implementasinya  sehingga  dapat  meningkatkan  aktivitas dan kreativitas peserta didik.

Banyak  strategi  pembelajaran   yang   dapat   diterapkan  dalam  proses  belajar  mengajar.  Salah  satunya  adalah  strategi  pembelajaran Sepak Bola Verbal. Strategi pembelajaran  ”Sepak  Bola  Verbal”  adalah  sebuah  strategi  pembelajaran  yang  melibatkan  aktivitas  peserta didik  bekerja  dalam  tim  dengan  suasana  permainan  sepakbola,  dimana  aktivitas  fisik  digantikan  oleh  aktivitas  mental.  Suasana  permainan  menjadikan  kegiatan proses mengajar lebih menarik dan menimbulkan efek rekreaktif  sehingga memungkinkan peserta didik  dapat  belajar  lebih  rileks  disamping  menumbuhkan  tanggung  jawab,  kerjasama,  persaingan sehat dan keterlibatan belajar.  

Salah  satu  upaya  meningkatkan  proses belajar mengajar pelajaran IPS  adalah  melakukan  penelitian  tindakan  kelas  yang  berjudul  “Penerapan strategi sepakbola Verbal Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mengajar IPS dengan Materi Letak dan Luas Benua Asia dengan Benua lainnya pada Peserta didik Kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir”. 

B.  Rumusan Masalah

1.  Bagaimana aktifitas guru mengajar pelajaran IPS kelas 9A SMP Negeri 2

     Anjir Pasar dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal ?

2.  Bagaimana aktivitas kelompok kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan

     strategi pembelajaran Sepakbola verbal ?

3.  Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar

     dengan strategi pembelajaran Sepakbola Verbal ?

 

C. Tujuan Penelitian

1. Menggambarkan aktifitas guru mengajar pelajaran IPS kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal.

2. Meningkatkan aktivitas kelompok kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan strategi Sepakbola verbal.

3.  Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar

4. Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 9A SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan strategi sepakbola verbal.

 

D. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

a.   Bagi Siswa

   Melatih siswa untuk bekerjasama, mengungkapkan pendapat, menghargai

   kekurangan, dan kelebihan orang lain.

      b.   Bagi Guru

            1)   Hasil    penelitian   ini  dapat   dipergunakan     sebagai    inovasi   serta penyempurnaan proses pembelajaran.

            2)   Sebagai     bahan   pertimbangan    dalam     meningkatkan    hasil  belajar  peserta didik.

      c.    Bagi Peneliti

            1)  Mendapatkan       pengalaman      menerapkan      model     pembelajaran yang sesuai dengan target pembelajaran.

            2)   Mendapatkan       pengalaman      melaksanakan      pembelajaran     yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS secara maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB    II

KAJIAN PUSTAKA

 

A.  Hakekat Proses Belajar Mengajar

1.  Konsep belajar

Dalam proses pendidikan, belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini berarti untuk mencapai tujuan pendidikan sangat tergantungpada proses belajar yang dialami oleh peserta didik. Para pakar pendidikan mengemukakan pengertian belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, namun demikian selalu mengacu pada prinsip yang sama, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan proses belajar akan mengalami suatu perubahan dalam dirinya.      

Menurut Skinner (Dimyati dan Mudjiono, 2009: 9) berpandangan belajar adalah suatu prilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun. Ada  3 hal dalam belajar yaitu : (1) kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon belajar, (2) respon si pembelajar, (3) konsekuensi yang bersifat menguatkan respon tersebut.

Selanjutnya menurut M. Sobary Sutikno dalam bukunya Menuju Pendidikan Bermutu, (Fathurrohman, pupuh dan Sutikno, M. Sobary, 2007: 5)  mengartikan belajar adalah: “ suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.”

Sementara Skinner (dalam Barlow, 1985) mengartikan belajar sebagai suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif (Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M.Sobry, 2007: 5)

Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Selanjutnya oleh Gagne dinyatakan belajar terdiri dari tiga komponen penting, yaitu : kondisi eksternal, kondisi internal dan hasil belajar. (Dimyati dan Mudjiono, 2009: 10).

Hamzah (2006: 15) berpendapat bahwa belajar adalah proses perubahan perilaku seseorang setelah mempelajari suatu obyek pengetahuan, sikap, atau keterampilan tertentu. Sedangkan menurut Travers (Agus, 2009: 2) belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku.

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar pada hakekatnya adalah perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang setelah melakukan aktivitas tertentu. Dalam belajar yang terpenting adalah proses bukan hasil yang diperolehnya. Artinya, belajar harus diperoleh dengan usaha sendiri, adapun orang lain itu hanya sebagai perantara atau penunjang dalam kegiatan belajar agar belajar itu dapat berhasil dengan baik.

2.   Konsep Mengajar

Mengajar merupakan suatu proses yang kompleks. Tidak hanya sekedar menyampaikan informasi dari guru kepada peserta didik. Banyak kegiatan maupun tindakan harus dilakukan, terutama bila diinginkan hasil belajar yang lebih baik pada seluruh peserta didik.

Menurut Suharto (Sobry Sutikno, 2007: 7) mendefinisikan, mengajar merupakan suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur (mengelola) lingkungan sehingga tercipta suasanan yang sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan peserta didik sehingga menjadi proses belajar yang menyenangkan. Sementara Oemar Hamalik (Sobry Sutikno, 2007: 7) mendefinisikan mengajar sebagai proses menyampaikan pengetahuan dan kecakapan kepada peserta didik. Dalam pengertian yang lain, juga dijelaskan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas profesional yang memerlukan keterampilan tingkat tinggi dan menyangkut pengambilan keputusan.

Mengajar menurut pengertian mutakhir merupakan suatu perbuatan yang kompleks. Perbuatan mengajar yang kompleks dapat diterjemahkan sebagai penggunaan secara integratif sejumlah komponen yang terkandung dalam perbuatan mengajar itu untuk menyampaikan pesan pengajaran.

Atau dengan gaya bahasa lain, mengajar adalah penciptaan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Sistem lingkungan ini terdiri dari komponen-komponen yang saling mempengaruhi, yakni SK dan KD yang ingin dicapai, materi yang diajarkan, guru dan peserta didik yang memainkan peranan serta ada dalam hubungan sosial tertentu, jenis kegiatan yang dilakukan, serta sarana dan prasarana belajar mengajar yang tersedia.

Kedudukan guru dalam pengertian ini sudah tidak dapat lagi dipandang sebagai penguasa tunggal dalam kelas atau sekolah, tetapi dianggap sebagai manager of learning (pengelola belajar) yang perlu senantiasa siap membimbing dan membantu para peserta didik. (Sobry Sutikno, 2007: 8).

3.   Proses Belajar Mengajar

Dalam proses suatu pendidikan, kegiatan belajar dan mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan yang diinginkan dalam pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar mengajar itu dirancang dan dijalankan secara profesional.

Setiap kegiatan belajar mengajar selau melibatkan dua pelaku aktif, yaitu guru dan peserta didik. Guru sebagai pengajar merupakan pencipta kondisi belajar peserta didik yang didesain secara sengaja, sistematis dan berkelanjutan. Sedangkan peserta didik sebagai subyek pembelajaran merupakan pihak yang menikmati dan merasakan kondisi belajar yang diciptakan oleh guru.

Kegiatan mengajar dalam prosesnya tidak lepas dan selalu membutuhkan hadirnya sejumlah peserta didik, dimana keterlibatan individu peserta didik mutlak  adanya. Apabila tidak ada peserta didik, siapa yang akan diajar. Karena itu, belajar dan mengajar merupakan istilah yang sudah baku dan menyatu dalam konsep pengajaran atau pendidikan.

Sama halnya dengan belajar, mengajar pada hakekatnya adalah suatu proses, proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik, sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses belajar (Sobry Sutikno, 2007: 9).

Guru sebagai sentral dalam proses belajar mengajar, di samping memahami hal-hal yang bersifat konseptual, juga harus mengetahui hal-hal yang bersifat teknis. Terutama bisa mengembangkan pola komunikasi. Komunikasi di sini adalah hubungan atau interaksi antara guru dan peserta didik pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Menurut Nana Sudjana (dalam Sobry Sutikno, 2007: 40) pola komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi. Komunikasi ini tidak hanya melibatkan interaksi dinamis antara guru dengan peserta didik tetapi juga melibatkan interaksi yang dinamis antara peserta didik satu dengan peserta didik yang lainnya. Proses belajar mengajar  dengan pola komunikasi ini mengarah kepada proses yang mengembangkan kegiatan peserta didik yang optimal, sehingga menumbuhkan peserta didik belajar aktif.

Uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa proses belajar mengajar adalah semua aktivitas guru dan peserta didik yang terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan /materi pelajaran sebagai mediumnya. Dalam interaksi itu peserta didiklah yang lebih aktif, bukan guru. Keaktifan peserta didik tentu mencakup kegiatan fisik dan mental, individual dan kelompok. Interaksi dikatakan maksimal bila terjadi antara guru dengan semua peserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan bahan dan media pembelajaran, bahkan peserta didik dengan dirinya sendiri, namun tetap dalam kerangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

 

B.  Pengertian Strategi Pembelajaran

Menurut J.R. David (1976) menyatakan bahwa “strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi  tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.  (Sanjaya, 2010: 126)

Selanjutnya menurut Wena (2009: 2) strategi pembelajaran berarti cara dan seni untuk menggunakan semua sumber belajar dalam upaya membelajarkan peserta didik.  Sebagai suatu cara, strategi pembelajaran dikembangkan dengan keidah-kaidah tertentu sehingga membentuk suatu bidang pengetahuan tersendiri.  Sedangkan sebagai suatu seni, strategi pembelajaran kadang-kadang secara implisit dimiliki oleh seseorang tanpa pernah belajar secara formal tentang ilmu strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.  Dalam strategi pembelajaran Sanjaya (2006: 126) mengartikan   sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dari pengertian tersebut, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan termasuk penggunaan  metode dan pemanfaatan berbagai sumberdaya atau kekuatan dalam pembelajaran, selain itu strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition- discovery learning atau strategi penyampaian penemuan dan group-individual learning atau strategi pembelajaran individual. Rowntree (Sanjaya, 2006: 126).

Dengan demikian, dalam suatu strategi pembelajaran bisa digunakan beberapa metode. Misalnya, untuk melaksanakan strategi ekspositoris bisa digunakan metode ceramah sekaligus metode tanya jawab atau bahkan diskusi dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia termasuk menggunakan media pembelajaran.

Berdasarkan uraian tersebut di atas  bahwa Srategi Pembelajaran  merupakan salah satu komponen penting yang harus dikuasai oleh guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana dan cara-cara membawakan pengajaran agar segala prinsip dasar dapat terlaksana dan segala tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif (Gulo, 2008: 3). Cara-cara membawakan pengajaran itu merupakan pola dan urutan umum perbuatan guru dan peserta didik dalam perwujudan kegiatan pembelajaran.

C.  Strategi Pembelajaran Sepakbola Verbal

Strategi  pembelajaran  sepak  bola  verbal  diperkenalkan  oleh  Paul  Ginnis (2008:187) adalah  sebuah  strategi  pembelajaran  yang  melibatkan  aktivitas  peserta didik  bekerja  dalam tim dengan suasana permainan sepakbola, dimana aktivitas fisik digantikan  oleh   aktivitas   mental.   Tujuan   permainan   adalah   menguji   pengetahuan   dan  pemahaman melalui pertanyaan.  

Berikut  adalah  langkah-langkah  strategi  pembelajaran  sepak  bola  verbal  menurut Ginnis (2008:186-187).  

(1)  Tiap tim memilih seorang kapten. 

(2)  Kapten  dari  kedua  kelompok  dipanggil  ke  depan,  koin  dilontarkan untuk  mengetahui siapa yang memegang bola pertama. 

(3)  Kapten  tim pemegang  bola melempar bola, siapapun yang  menerima bola harus  menjawab  pertanyaan  yang  dibacakan  guru  dalam  lima  detik,  dan setelah  menjawab  pertanyaan  bola  dilemparkan  kembali.  Jika  menjawab dengan benar, mereka mempertahankan bola.  

(4) Guru membacakan pertanyaan  selanjutnya. Jika kembali menjawab dengan benar  dalam  lima  detik,  bola  telah  berhasil  digulirkan  dan dipertahankan. Gabungkan tiga pertanyaan benar  berarti gol. 

 

(5) Bola  berpindah  ke  tim  lawan  apabila  terjadi  gol,  tidak  dapat  menjawab pertanyaan   dalam   lima   detik   atau   jawaban   salah,   dan   apabila terjadi pelanggaran.  

(6)  Pelanggaran  terjadi  apabila  salah  melempar  bola  atau  peserta didik

       meneriakan jawaban saat bukan gilirannya.  

(7)  Pemenangnya adalah tim dengan gol lebih banyak di akhir pelajaran. 

 

D.   Kerangka Berpikir

Adapun dalam prosesnya penerapan model pembelajaran ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan atau 4 jam pelajaran. Sedangkan rencana dan prosedur penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah setiap siklus pada garis besarnya terdiri atas empat tahapan tindakan yaitu, perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).

Pada siklus I dalam proses pembelajaran diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran sepakbola verbal. Dari perlakuan tersebut kemudian siswa diberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa. Dari evaluasi tersebut nantinya dapat dilihat sampai dimana kemampuan siswa. Adapun proses perlakuan pembelajaran tersebut diserta dengan pengamatan agar kelemahan-kelemahan yang ada dapat ditemukan. Jika hasil masih kurang seperti ditargetkan dapat dimungkinkan penerapan strategi pembelajaran dalam siklus I memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penerapan strategi pembelajaran disempurnakan pada perlakuan siklus 2, sampai didapatkan hasil evaluasi yang sesuai target.

Pada akhir siklus 2 diharapkan peningkatan hasil belajar siswa dimana ketentusan belajar individu dinyatakan tuntas apabila nilai yang diperoleh minimal mencapai nilai KKM yaitu 70, sedangkan untuk tingkat klasikal minimal 80% yang mendapatkan nilai sama atau lebih tinggi dari nilai KKM.

Adapun kerangka berpikir dapat digambar sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                 Gambar 2.1. : Bagan Kerangka Berpikir

 

 

 

 

 

E.   Hipotesis

Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, maka peneliti mengajukan hipoteisi yaitu : “Jika melalui strategi pembelajaran sepakbola verba maka hasil belajar siswa kelas 9A SMPN 2 Anjir Pasar pada materi letak benua dan luas benua Asia dapat ditingkatkan”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB   III

METODE  PENELITIAN

 

A.   Setting Penelitian

1. Tempat Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Anjir Pasar yang terletak di Jalan Trans Kalimantan Km. 18 Ds. Gandaria RT.01 Kec. Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

 

2.  Waktu Penelitian

Penelitian ini di lakukan selama tiga bulan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang dimulai dari bulan Juli 2016 hingga bulan September 2016. Dan penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik 2016, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas.

 

3. Subyek Penelitian

Subyek yang akan diteliti dalam penelitian adalah sebagai berikut :

a.  Aktivitas guru

b.  Aktivitas peserta didik

c.  Hasil Belajar

 

 

 

B.   Rencana Tindakan

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas atau class room action research adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar, sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama (Arikunto, 2007:3).

Penelitian ini akan dilakukan untuk menguji cobakan suatu model pembelajaran yaitu Sepakbola Verbal apakah dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di  SMP Negeri 2 Anjir Pasar. Dalam penerapan model ini peneliti berusaha untuk mengkaji pengaruh yang terjadi dalam pelaksanaan model Sepakbola Verbal  terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa.

Penelitian ini direncanakan akan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Adapun tiap siklus tersebut mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk lebih rincinya perencanaan penelitian tindakan kelas ini sebagai sebagai berikut :

1.      Perencanaan

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan dalam antara lain adalah :

a.    Peneliti mengadakan analisis hasil belajar siswa serta melakukan diskusi dengan guru yang satu rumpun berkaitan dengan permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPS. Adapun solusi untuk memperbaiki masalah yang didiskusikan adalah salah satunya meningkatkan prestasi belajar IPS dengan model Sepakbola Verbal.

b.    Mencari informasi berkaitan dengan cara melakukan tindakan yang sesuai dengan model Sepakbola Verbal.

c.    Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai Kompetensi Dasar yang telah ditentukan.

d.   Mempersiapkan fasilitas dan sarana pendukung yang diperlukan.

e.    Mempersiapkan cara penilaian sekaligus instrumentnya.

2.      Pelaksanaan

Tindakan dalam penelitian ini mencakup prosedur, serta proses perbaikan yang akan dilakukan. Pada tahap ini, rencana pembelajaran yang telah disusun oleh guru dipergunakan sebagai dasar dalam menyelenggarakan pembelajaran. Dalam siklus I dan siklus II guru melaksanakan pembelajaran menggunakan model Sepakbola Verbal sesuai dengan rencana yang telah dibuat dalam bentuk RPP. Adapun dalam siklus II tindakan yang dilakukan dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat pada pembelajaran pada siklus I.

Langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut :

1)          Pembentukan kelompok

Kelompok dibagi menjadi 2, yang terdiri dari 11 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Tiap siswa dalam satu kelompok diberi peran yang berbeda layaknya dalam permainan sepakbola.

2)          Pemberian pertanyaan dan kuis

Pertanyaan diberikan dan diperebutkan oleh 2 kelompok kesebelasan.

 

 

3)         Pemberian penghargaan kelompok

Kelompok yang memperoleh jumlah nilai (gol) terbanyak akan diberi penghargaan berupa skor nilai yang tinggi.

3.      Pengamatan

Observasi dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran. Observasi dilakukan dengan mengamati setiap tindakan yang meliputi : aktivitas guru, interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa atau sesama fakta yang ada selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara kegiatan berlangsung, peneliti mengamati perilaku dan perubahan yang terjadi pada siswa dan mencatatnya.

4.      Refleksi

Pada tahap ini, kegiatan yang dilakukan adalah menguraikan tentang prosedur analisis terhadap hasil pemantauan dan refleksi tentang proses dan dampak tindakan perbaikan yang dilakukan, serta kreteria dan rencana tindakan pada siklus berikutnya. Hasil pencatatan sebagai peneliti merupakan bahan untuk melakukan refleksi. Peneliti menelaah dampak yang ditangkap dan membandingkan sebagai acuan pelaksanaan tindakan kelas pada siklus selanjutnya. Seluruh data dan informasi yang telah diperoleh kemudian sebagai landasan untuk menentukan apakah tujuan yang diharapkan sudah tercapai atau belum. Jika hasil yang diinginkan tercapai, maka perbaikan akan terus dilakukan sampai memperoleh hasil yang diharapkan.

 

C.   Data dan Cara Pengambilan Data

Salah satu cara untuk melengkapi penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan data yang lengkap yang nantinya dapat mendukung keberhasilan penelitian. Untuk pengumpulan data dalam penelitianini digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :

1.    Tes

Tes disajikan dalam bentuk tertulis dengan instrument berupa lembar soal dan jawaban siswa dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang nantinya akan dilihat seberapa besar jumlah nilai yang diperoleh dari setiap siswa.

2.    Observasi

Observasi digunakan dengan instrumen lembar observasi pengamatan untuk siswa dengan tujuan agar nantinya diperoleh data pendukung guna mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan strategi sepakbola verbal. Adapun jenis observasi yang peneliti gunakan adalah Observasi Aktivitas Kelas, Observasi ini merupakan suatu pengamatan langsung terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya dalam pembelajaran, sehingga peneliti memperoleh gambaran suasana kelas dan dapat melihat secara langsung tingkah laku siswa, serta komunikasi di antara siswa dalam kelompok.

 

 

3.    Dokumentasi

Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data primer yang berupa data jumlah siwa, foto aktivitas pembelajaran, RPP dan lembar penelitian.

 

D.   Analisis Data

Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan presentasi ketuntasan belajar dan rata-rata kelas.

Dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini teknik analisis terhadap data yang telah dikumpulkan adalah sebagai berikut :

1.    Data Hasil Tes Belajar Siswa

Data hasil tes data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan tes formatif terhadap siswa setelah pembelajaran. Tes belajar siswa dilakukan selama 2 (dua) kali, pada setiap siklus yang dilakukan. Dari hasil tes pada siklus satu dan dua nantinya akan dibandingkan sehingga dapat ditarik kesimpulan ada tidaknya peningkatan hasil tes yang dilaksanakan. Data yang diperoleh dari hasil ulangan siswa digunakan untuk mengetahui hasil ketuntasan klasikal maupun individual.

 

 

Adapun rumus yang digunakan di dalam ketuntasan belajar adalah sebagai berikut :

 

a)    Ketuntasan secara individu

Nilai =  x 100%

  Di adaptasinya dari Ngalim Purwanto (2004 : 112).

 

b)      Ketuntasan secara klasikal

Untuk menghitung presentasi ketuntasan belajar siswa secara klasikal   digunakan rumus sebagai berikut :

Nilai =  x 100%

Di adaptasi dari Ngalim Purwanto (2004:102).

 

Perhitungan presentasi dengan menggunakan rumus diatas harus sesuai dan memperhatikan kriteria ketuntasan belajar siswa Kelas 9 di SMP Negeri 2 Anjir Pasar yang dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu “Tuntas” dan “Tidak Tuntas” dengan kriteria sebagai berikut :

Tabel. 3.1. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran IPS

Kriteria Ketuntasan

Kualifikasi

≤ 70

Tuntas

> 70

Tidak Tuntas

Ketuntasan belajar individu dinyatakan tuntas apabila nilai yang peroleh mencapai 70, sedangkan secara klasikal, apabial terdapat >85% siswa yang mampu memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), maka pembelajaran dikatakan berhasil. Apabila terdapat <85% siswa mampun memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), maka pembelajaran dikatakan belum berhasil dan harus dilakukan refleksi untuk lanjutkan ke siklus berikutnya.

2.         Observasi

Dalam observasi ini dilakukan adalah pengumpulan data dan mengamati semua aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlansung dengan menggunakan format observasi yang telah disediakan. Pengamatan ini dilakukakn secara cermat dalam pelaksanaan skenario pembelajaran serta dampaknya terhadap hasil belajar IPS. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil observasi ini akan ditindak lanjut dan digunakan sebagai bahan dalam analisis dan untuk keperluan refleksi.

 

E.  Indikator Kinerja

Penelitian  ini  dikatakan  berhasil  apabila  memenuhi  indikator-indikator  sebagai berikut. 

(1)   Keterlaksanaan RPP oleh guru terhadap pembelajaran yang telah

        direncanakan dalam RPP termasuk dalam kategori cukup aktif.

(2)   Aktivitas siswa  mencapai  katagori  cukup baik. 

(3)   Hasil  belajar  peserta didik,  yaitu  hasil penguasaan materi mencapai

        KKM yang ditetapkan sekolah  yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

A.  Hasil Penelitian

1.      Pelaksanaan Siklus I

a.      Persiapan Tindakan

       Kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

1)      Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2)      Menyiapkan lembar observasi kegiatan pembelajaran

3)      Menyiapkan lembar observasi kegiatan peserta didik

4)      Menyiapkan peralatan permaianan berupa bola

5)      Membuat alat evaluasi.

b.      Pelaksanaan Tindakan

       Pertemuan Pertama

Tindakan siklus I untuk pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 26 Juli 2016, Pada pertemuan pertama ini rancangan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Sepakbola verbal.  Peserta didik dibagi 2 (dua) kelompok atau kesebelasan. Sementara evaluasi pembelajaran dilakukan melalui evaluasi proses belajar. Alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah dua jam pelajaran (80 menit). 

Pada akhir dari proses pembelajaran dilakukan tanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah disampaikan kepada peserta didik serta pendalaman materi dengan cara menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan peserta didik.

c.       Observasi

   1.  Aktivitas Guru

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran untuk pertemuan pertama siklus I ditunjukkan pada tabel 4.1 sebagai berikut

                 Tabel 4.1: Aktivitas guru dalam PBM

 

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Skor

Cat.

3

2

1

A

Pendahuluan

1

Membuka pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

2

Apersepsi/motivasi/pre test

v

 

 

 

3

Menyebutkan dan Menuliskan tema/judul

v

 

 

 

4

Menyebutkan dan menuliskan tujuan Pel.

v

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1

Persiapan materi pembelajaran

v

 

 

 

2

Penyajian materi sesuai urutan

 

v

 

 

3

Metode dan model sesuai materi

v

 

 

 

4

Penggunaan alat bantu/peraga

v

 

 

 

5

Pengelolaan kelas

 

v

 

 

6

Bimbingan pada peserta didik

 

v

 

 

7

Memberi kesempatan bertanya jawab

 

v

 

 

8

Pengg. Bhs. Indonesia

v

 

 

 

9

Pengem.Ketramp.peserta didik

 

v

 

 

C

Penutup

1

Membuat kesimpulan

 

v

 

 

2

Pemberian tugas

 

 

v

 

3

PBM sesuai alokasi waktu

 

v

 

 

4

Menutup pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

Total skor yang diperoleh

27

14

1

42

 

No

Kriteria

Kategori

1

41 - 51

Aktif

2

29 - 40

Cukup Aktif

3

17 - 28

Tidak Aktif

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar untuk pertemuan pertama siklus I diketahui bahwa tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru dalam RPP seluruhnya dilaksanakan sesuai dengan lembar format observasi yang telah ditetapkan. Penyampaian materi oleh guru sudah baik, karena dalam penjelasan menggunakan alat peraga atau bantu, kemudian dalam tahapan pembagian kelompok sudah memenuhi kondisi belajar, sehingga peserta didik sudah siap dengan strategi pembelajaran  yang akan dilaksanakan. Perolehan nilai aktivitas guru berada pada kriteria 41 – 51 dengan kategori aktif.

2.  Aktivitas Kelompok

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran untuk siklus I ditunjukkan pada tabel 4.2 sebagai berikut :

                  Tabel 4.2 : Aktivitas Kelompok dalam PBM

No

Aspek yang dinilai

Skor

Kelompok A

Kelompok B

1

Persiapan bermain

4

4

2

Aktivitas dalam tim

3

3

3

Kerjasama dalam tim

3

3

4

Semangat dalam tim

3

3

5

Mentaati aturan main

2

2

 

Jumlah

15

15

 

Rata-rata

3,0

3,0

            

No

Kriteria

Kategori

1

4,0 – 4,9

Sangat Aktif

2

3,0 – 3,9

Aktif

3

2,0 – 2,9

Cukup Aktif

4

≤ 1,9

Tidak Aktif

 

 

 

 

Berdasarkan data dari tabel 4.3 menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik termasuk dalam kriteria 3,0 -3,9 dengan kategori aktif.

 

      Pertemuan kedua

Dalam pertemuan pertama siklus I yang telah dilaksanakan untuk aktifitas guru dan peserta didik berlangsung aktif, dimana pelaksanaan pembelajaran sudah memenuhi kriteria aktif, dari persiapan belajar sampai hasil diskusi dari peserta didik termasuk dalam kategori aktif.

Untuk pertemuan kedua ini materi sedikit diulang kembali untuk lebih mengingatkan peserta didik akan materi yang sudah disampaikan pada pertemuan pertama.

 Tindakan siklus I untuk pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 27 Juli 2016, Pada pertemuan kedua ini dilakukan evaluasi hasil belajar dengan soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda (PG). Alokasi waktu adalah dua jam pelajaran (80 menit). 

Pada akhir dari proses penilaian hasil belajar dilakukan pembahasan soal dan jawaban yang benar, kemudian peserta didik disuruh untuk menilai sendiri hasil evaliasi hasil belajarnya.

 

 

 

1.  Hasil Belajar Peserta didik

Hasil belajar peserta didik pada pertemuan kedua siklus I dapat dilihat sebagai berikut:

                 Tabel 4.3 Nilai tes formatif siklus I

No

Rentang nilai

frekuensi

Persen

1

86 - 95

-

-

2

76 - 85

10

41,67

3

66 - 75

9

37,50

4

56 - 65

3

12,50

5

46 - 55

2

8,33

6

≤ 45

-

-

Jumlah

24

100

Rata-rata

7,13

 

Berdasarkan tabel 4.3 dapat dilihat bahwa hasil tes formatif untuk peserta didik di peroleh  nilai 76-85 sebanyak 10 orang (41,67%), nilai 66-75 sebanyak 9 orang (37,50%), nilai 56-65 sebanyak 3 orang (12,50%), nilai 46-55 sebanyak 2 orang (8,33%).  Rata-rata nilai tes formatif untuk siklus I diperoleh nilai  7,13.

Sementara ketuntasan hasil belajar secara klasikal dapat dilihat pada diagram berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

        Gambar  4.1 : Ketuntasan belajar klasikal peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada siklus I diketahui bahwa dari 24 orang peserta didik yang mengikuti  test formatif diperoleh (79,20%) atau 19 orang peserta didik yang mendapat nilai setara dan di atas KKM dan (20,83%) atau 5 orang mendapat nilai di bawah KKM.

 

d.      Refleksi

Berdasarkan hasil observasi pada siklus I, yang sudah dilaksanakan dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal ditemukan hal-hal sebagai berikut :

1)          Aktivitas guru dalam PBM pelajaran IPS termasuk dalam kriteria 41  - 51 dengan kategori aktif.

2)          Aktivitas  peserta didik dalam PBM termasuk dalam kriteria 17 - 21 dengan kategori aktif.

3)          Aktivitas kelompok dalam PBM dengan strategi sepakbola verbal pada pertemuan pertama termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif.

4)          Dari nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai adalah 7,13  dan ketuntasan klasikal sebesar 79,20 %. Hal ini belum memenuhi dari standar kompetensi, yaitu sekurang-kurangnya 80% dari keseluruhan peserta didik yang mencapai nilai KKM, yaitu untuk pelajaran IPS 7,00.

Dengan rata-rata hasil test formatif peserta didik 7,13 dan persentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,20% tersebut menunjukkan belum tercapainya nilai KKM dan ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal pada siklus I. Untuk itu strategi pembelajaran akan dilanjutkan pada sikus II.

Berdasarkan hasil temuan di atas maka strategi pembelajaran sepakbola verbal yang awalnya di laksanakan sesuai dengan prosedur untuk pertemuan (siklus II) berikutnya lebih disempurnakan lagi baik cara permainannya maupun tingkat kesulitan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat, sehingga nantinya akan memudahkan anak dengan cepat menjawab pertanyaan yang diberikan, karena sifat pertanyaan dalam pembelajaran ini tergantung waktu yang telah disediakan.

Pelemparan bola ke kelompok (tim) lebih diperbanyak agar banyak kesempatan untuk membantu rekan timnya dalam menjawab pertanyaan, dengan demikian akan tercapai kekompakan dan kesempatan mendapat skor nilai untuk timnya.

Waktu untuk menjawab pertanyaan  dalam pembelajaranpun lebih diperpanjang durasinay, pada siklus I hanya 15 detik menjadi 30 detik pada siklus II agar baik guru maupun peserta didik lebih lama dan banyak waktu untuk merasakan ramai dan asiknya pembelajaran dengan menerapkan sepakbola verbal ini.

 

2.      Pelaksanaan Siklus II

a.    Persiapan Tindakan

Belum tercapainya indikator kinerja pada siklus I, maka peneliti mengambil tindakan pemecahan masalah yang dipandang tepat yaitu melanjutkan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Sepakbola verbal dengan lebih banyak membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih dipahami oleh peserta didik dan menambah durasi waktu permainan pada Siklus II. Kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

      1)  Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

      2)  Menyiapkan lembar observasi kegiatan pembelajaran

      3)  Menyiapkan lembar observasi kegiatan peserta didik

     4)  Menyiapkan alat permainan berupa bola

     5)  Membuat evaluasi.

 

b.   Pelaksanaan Tindakan

Pertemuan ketiga

Tindakan pertemuan ketiga siklus II dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 2 Agustus 2016, Pada pertemuan ketiga ini rancangan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Sepakbola verbal lebih dimatangkan lagi.  Alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah dua jam pelajaran (80 menit). 

Pada akhir dari proses pembelajaran dilakukan pendalaman materi dengan cara menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan peserta didik.

c.    Observasi

1. Aktivitas Guru

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran untuk pertemuan ketiga siklus II ditunjukkan pada tabel 4.4 sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

                 Tabel 4.4 : Aktivitas guru dalam PBM

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Skor

Cat.

3

2

1

A

Pendahuluan

1

Membuka pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

2

Apersepsi/motivasi/pre test

v

 

 

 

3

Menyebutkan dan Menuliskan tema/judul

v

 

 

 

4

Menyebutkan dan menuliskan tujuan Pel.

v

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1

Persiapan materi pembelajaran

v

 

 

 

2

Penyajian materi sesuai urutan

v

 

 

 

3

Metode dan model sesuai materi

v

 

 

 

4

Penggunaan alat bantu/peraga

v

 

 

 

5

Pengelolaan kelas

v

 

 

 

6

Bimbingan pada peserta didik

 

v

 

 

7

Memberi kesempatan bertanya jawab

v

 

 

 

8

Pengg. Bhs. Indonesia

v

 

 

 

9

Pengem.Ketramp.peserta didik

 

v

 

 

C

Penutup

1

Membuat kesimpulan

v

 

 

 

2

Pemberian tugas

v

 

 

 

3

PBM sesuai alokasi waktu

 

v

 

 

4

Menutup pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

Total skor yang diperoleh

42

6

 

48

 

 

No

Kriteria

Kategori

1

41 - 51

Aktif

2

29 - 40

Cukup Aktif

3

17 - 28

Tidak Aktif

 

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar untuk pertemuan ketiga diketahui bahwa tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru dalam RPP seluruhnya dilaksanakan sesuai dengan lembar format observasi yang ada. Guru menyampaikan materi dengan baik, karena penjelasan dibantu dengan menggunakan alat peraga, kemudian dalam pembagian kelompok tidak sulit karena sudah tahu kelompoknya masing-masing, sehingga peserta didik sudah tidak asing lagi dengan strategi pembelajaran  yang akan dilaksanakan. Perolehan nilai aktivitas guru adalah 48, berarti termasuk dalam kriteria 41 – 51 dengan kategori aktif.

 

2.  Aktivitas Kelompok

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran untuk pertemuan ketiga  ditunjukkan pada tabel 4.5 sebagai berikut :

                  Tabel 4.5 : Aktivitas Kelompok dalam PBM

No

Aspek yang dinilai

Skor

Kelompok A

Kelompok B

1

Persiapan bermain

5

5

2

Aktivitas dalam tim

4

3

3

Kerjasama dalam tim

4

3

4

Semangat dalam tim

3

4

5

Mentaati aturan main

3

3

 

Jumlah

19

18

 

Rata-rata

3.8

3.6

 

No

Kriteria

Kategori

1

4,0 – 4,9

Sangat Aktif

2

3,0 – 3,9

Aktif

3

2,0 – 2,9

Cukup Aktif

4

≤ 1,9

Tidak Aktif

 

 

 

 

Berdasarkan data dari tabel 4.5 menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif.

 

 

Pertemuan keempat

Dalam pertemuan ketiga siklus II yang telah dilaksanakan untuk aktifitas guru dan peserta didik berlangsung aktif, dimana pelaksanaan pembelajaran sudah memenuhi kriteria aktif, dari persiapan belajar sampai hasil diskusi dari peserta didik termasuk dalam kategori aktif.

Untuk pertemuan keempat ini materi sedikit diulang kembali untuk lebih mengingatkan peserta didik akan materi yang sudah disampaikan pada pertemuan pertama.

 Tindakan siklus II untuk pertemuan keempat dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 03 Agustus 2016, Pada pertemuan kedua ini dilakukan evaluasi hasil belajar dengan soal tertulis dalam bentuk pilihan ganda (PG). Alokasi waktu adalah dua jam pelajaran (80 menit). 

Pada akhir dari proses penilaian hasil belajar dilakukan pembahasan soal dan jawaban yang benar, kemudian peserta didik disuruh untuk menilai sendiri hasil evaliasi hasil belajarnya.

1.        Hasil Belajar Peserta didik

Hasil belajar peserta didik pada siklus II dapat dilihat sebagai berikut:

 

 

 

 

                 Tabel 4.6 : Nilai tes formatif siklus II

No

Rentang nilai

frekuensi

Persen

1

86 - 95

2

8,33

2

76 - 85

10

41,67

3

66 - 75

11

45,83

4

56 - 65

1

4,16

5

46 - 55

-

-

6

≤ 45

-

-

Jumlah

24

100

Rata-rata

7,54

 

Berdasarkan tabel 4.6 dapat dilihat bahwa hasil tes formatif untuk peserta didik di peroleh  nilai 86-95 sebanyak 2 orang (8,33%), nilai 76-85 sebanyak 10 orang (41,67%), nilai 66-75 sebanyak 11 orang (45,83%), nilai 56-65 sebanyak 1 orang (4,16%). Rata-rata nilai tes formatif untuk siklus II diperoleh nilai  7,54 sudah berada di atas nilai 7,00 yang ditetapkan KKM.

Sementara ketuntasan hasil belajar secara klasikal dapat dilihat pada gambar berikut ini :

    Gambar  4.2 : Ketuntasan belajar klasikal peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada siklus II diketahui bahwa dari 24 orang peserta didik yang mengikuti  test formatif diperoleh (95,33%) atau 23 orang peserta didik yang mendapat nilai setara dan di atas KKM dan (4,16%) atau 1 orang mendapat nilai di bawah KKM.

 

e.       Refleksi

Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, yang sudah dilaksanakan dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal ditemukan hal-hal sebagai berikut :

1)   Aktivitas guru dalam PBM pelajaran IPS dinyatakan baik dengan perolehan nilai 48, termasuk dalam kriteria 41 – 51 dengan kategori aktif.

2)   Aktivitas  peserta didik dalam PBM termasuk dalam kriteria 17 - 21 dengan kategori aktif.

3)   Aktivitas kelompok dalam PBM dengan strategi sepakbola verbal pada pertemuan ketiga termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif.

4)   Dari nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai adalah 7,54  dan ketuntasan klasikal sebesar 95,33 %. Hal ini sudah memenuhi dari standar kompetensi, yaitu sekurang-kurangnya 80% dari keseluruhan peserta didik yang mencapai nilai KKM, yaitu untuk IPS  7,00.

Dengan rata-rata hasil test formatif peserta didik 7,54 dan persentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,33% tersebut menunjukkan tercapainya nilai KKM dan ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan strategi pembelajaran Sepakbola verbal pada siklus II.

 

B.  Pembahasan

1.  Aktivitas Guru Dalam PBM

Berdasarkan   hasil   penelitian   di   atas   dapat   dikemukakan   bahwa  penerapan       strategi pembelajaran  sepakbola verbal dapat  meningkatkan   aktivitas guru.  Hal  ini  diperoleh  siklus  I  dengan nilai 44 meningkat pada siklus II  dengan nilai 48 termasuk dalam kategori aktif

                      Gambar  4.3 Perbandingan Aktivitas Guru dalam PBM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Aktivitas Kelompok dalam PBM

Berdasarkan   hasil   penelitian   di   atas   dapat   dikemukakan   bahwa  penerapan       strategi pembelajaran  sepakbola verbal dapat  meningkatkan   aktifitas kelompok belajar  IPS  Peserta didik.  Hal  ini  diperoleh  dari  hasil  pada  siklus  I  aktifitas kelompok berada pada kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Untuk siklus II  sama berada pada kriteria 3,0 – 3,9.

           Gambar  4.4  Perbandingan Aktivitas Kelompok dalam PBM

 

 

 

 

 

 

 

 

4.   Hasil Belajar

Berdasarkan   hasil   penelitian   di   atas   dapat   dikemukakan   bahwa  penerapan       strategi pembelajaran  sepakbola verbal dapat  meningkatkan   hasil  belajar  IPS  Peserta didik.  Hal  ini  diperoleh  dari  hasil  tes  pada  siklus  I  dengan nilai mencapai rata-rata 7,13. Kemudian pada siklus II  dengan  materi  yang  sama  mencapai  rata-rata  7,54. Hasil  peningkatan  pembelajaran  dapat dilihat pada gambar berikut ini : 

                                  Gambar  4.5 : Perbandingan Hasil Belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

Sementara hasil analisis data untuk ketuntasan belajar klasikal peserta didik dengan penggunaan strategi pembelajaran Sepakbola verbal dapat meningkatkan ketuntasan belajar secara klasikal dalam pelajaran IPS. Hasil yang diperoleh dari tes formatif siklus I dari 24 peserta didik 19 orang  tuntas dan 5 orang  tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal (79,20%). Kemudian hasil yang diperolehh pada tes formatif siklus II dari 24 peserta didik 23 orang  tuntas dan 1 orang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal (95,33%).

 

 

 

                    Gambar  4.6 : Perbandingan Ketuntasan klasikal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB     V

P E N U T U P

 

A.   Kesimpulan

1.  Aktivitas guru dalam PBM dengan menggunakan strategi pembelajaran

     Sepakbola verbal dapat meningkat dan dan aktif.

2.  Aktivitas peserta didik dalam PBM dengan menggunakan strategi

     pembelajaran Sepakbola verbal dapat meningkat dan aktif

3. Aktivitas kelompok dalam PBM dengan menggunakan strategi

    pembelajaran Sepakbola Verbal dapat meningkat dan aktif

4. Hasil belajar peserta didik dalam PBM dengan menggunakan strategi

    pembelajaran Sepakbola Verbal dapat meningkat, baik dari rata-rata nilai

    dan ketuntasan klasikal.

 

B.   Saran-saran

1.  Guru mata pelajaran IPS hendaknya menggunakan strategi pembelajaran

     Sepakbola Verbal untuk materi-materi yang sesuai karena penggunaannya

     dapat meningkatkan nilai hasil belajar.

2.  Diharapkan guru-guru mata pelajaran IPS dapat menggunakan strategi

     pembelajaran  yang lainnya yang lebih menarik agar peserta didik lebih

     termotivasi dan hasil belajarnya akan lebih baik dalam proses

     pembelajarannya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Damiyati dan Modjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry M., 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pencapaian 

            Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks.  

 

Sanjaya, 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya,Wena. 2006. Strategi Pembelajaran (berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menggunakan Google Classroom Sebagai Kelas Belajar Online

  Masa pandemi Covid-19 saat ini masih berlangsung dan terus mewabah di semua wilayah Indonesia banyak sudah korban berjatuhan, tidak hanya ...