Senin, 02 November 2020

PTK Guru 2018

 

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MATERI KAWASAN WILAYAH ASIA TENGGARA MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 ANJIRPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

 

Oleh

SARKANI

NIP. 19670322.200012.1.002

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BARITO KUALA

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 2 ANJIR PASAR

2018

 


ABSTRAK

 

Sarkani 2018. Meningkatkan hasil Belajar Pembelajaran IPS Melalui Model Index Card Match Dengan Materi Kawaan Asia Tenggara Pada Peserta Didik Kelas VIIIA  SMP Negeri 2 Anjir Pasar Tahun Pelajaran 2018/2019

 

Kata Kunci : Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Model Index Card Match

 

Dalam kegiatan pembelajaran dituntut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan atau kreativitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Proses   pembelajaran   dapat   menarik   motivasi dan respon   peserta didik   untuk   belajar   apabila   guru  melaksanakan pembelajaran tidak monoton, mampu mengembangkan daya kreativitas peserta didik,  serta berorientasi pada keberhasilan tujuan. Penelitian bertujuan  berupaya meningkatkan hasil  belajar   peserta didik   terhadap   pembelajaran IPS dengan materi Kawasan Wilayah Asia Tenggara  dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang berusaha mendapatkan data deskriptif, ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati.

Hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil tes formatif 6,47 dan ketuntasan belajar klasikal 52,17 %. Siklus II untuk hasil dari tes formatif rata-rata nilai yang diperoleh adalah 9,04 dan ketuntasan belajar klasikal  sebesar 95,65% menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan model pembelajaran Index Card Match.

Dengan demikian meningkatnya nilai hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS sangat signifikan pabila dilakukan dengan model pembelajaran Index Card Match,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA  PENGANTAR

 

 

 

 

Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa Taala berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, penulisan dan penyusunan hasil PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang berjudul Meningkatkan hasil Belajar Pembelajaran IPS Melalui Model Index Card Match Dengan Materi Kawasan Wilayah Asia Tenggara Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Anjir Pasar berhasil diselesaikan.

Hasil PTK ini ditulis dan disusun untuk memenuhi tugas pengembangan profesi yang diwajibkan pada setiap guru dalam rangka meningkatkan profesionalnya dalam pendidikan dan usul naik pangkat dilingkangan dinas pendidikan.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.    Bapak Asmiadi,S.Pd,MM  selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Anjir Pasar yang telah memberikan arahan dalam penulisan dan penyusunan PTK ini.

2.         Rekan-rekan lain saya di SMP Negeri 2 Anjir Pasar  yang banyak memberikan

     masukan demi mendapatkan perbaikan dalam pelaksanaan penelitian ini.

3.         Semua peserta didik kelas VIIIA yang bersedia menjadi objek penelitian tindakan

     kelas.

Semoga hasil penelitian dalam bentuk PTK ini berguna bagi kita semua, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca. Akhirnya, penulis panjatkan doa semoga Allah Subhanahu Wa Taala memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.

 

 

 

                                                                                                                                                                       

 

 

 

 

Anjir Pasar,    Nopember 2018

 

 

 

Sarkani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PEMBELAJARAN IPS

 

 

Judul Penelitian:         Meningkatkan hasil Belajar Pembelajaran IPS Melalui Model Index Card Match Dengan Materi Kawasan Wilayah Asia Tenggara Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Anjir Pasar   

 

1.      Peneliti

a.       Nama                                             : Sarkani, M.Pd

b.      NIP                                               : 19670322 200012 1 002

c.       Pangkat/golongan                         : Penata TK.I, III/d

d.      Mata pelajaran diampu                  : IPS

e.       Unit kerja                                      : SMPN 2 Anjir Pasar

 

2.      Lama penelitian                                   : 3 bulan (Agustus - Oktober  2018)

 

                       

                                                                                     Anjir Pasar, 21 Maret 2019

                                                                        Kepala SMPN 2 Anjir Pasar

 

 

 

                                                                         Asmiadi, S.Pd, MM

                                                 NIP 19690126 199303 1 005

 

 

 

     

 

 

DAFTAR  ISI

 

 

         Hal

ABSTRAK …………………………………………………………………….                    i

KATA PENGANTAR ………………………………………………………...       ii

LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................      iv

DAFTAR ISI ………………………………………………………………….        v         

DAFTAR TABEL …………………………………………………………….       vi

DAFTAR DIAGRAM .......................................................................................      vii

DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………….     viii

BAB    I   PENDAHULUAN ………………………………………………….        1

A.    Latar Belakang ............. ………………………………………...          1

B.     Perumusan Masalah …………………………………………….          4

C.     Tujuan Penelitian ………………………………………………           5

D.    Manfaat Penelitian ……………………………………………..           5

BAB  II   KAJIAN PUSTAKA ……………………………………………….         6

A.    Pengertian IPS ………………………………………………….          6

B.     Hasil Belajar ........ ……………………………………………...           9

C.     Model Index Card Match ..............................................................      11

 

BAB III   METODE PENELITIAN …………………………………………..      13

A.    Setting Penelitian .................……………………………………        13

B.     Rencana Tindakan .. ...........……………………………………..       14

C.     Observasi .................................................................................            .....       16

D.    Aspek Penilaian ....... ....................................................................       17

E.     Analisis Data ...............................................................................        17

F.      Indikator Keberhasilan ……………………………………….....       18

G.    Hipotesis Tindakan .....................................................................         19

  

BAB  IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ……………………      20

A.    Hasil  Penelitian ...............................…………………………..          20

B.     Pembahasan ..... ………………………………………………..         37

 

BAB   V  KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………       43

A.    Kesimpulan ……………………………………………………..       43

B.     Saran …………………………………………………………....       43

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………...       45

LAMPIRAN ………………………………………………………………......      47

 

DAFTAR  TABEL

 

 

 

 

Tabel                                                                                                                 Halaman

 

 

3.1.  Indikator Aktivitas Pembelajaran Guru ..............................................               18

 

3.2. Indikator Aktivitas Peserta Didik ........................................................               18

 

4.1.  Aktivitas Pembelajaran Guru Siklus I Pert. 1...........…………………              21

4.2.  Aktivitas Peserta Didik  Siklus I Pert. 1...……………………………              22

4.3. Aktivitas Kelompok Siklus I Pert. 1.....................................................               23

4.4.  Aktivitas Pembelajaran Guru Siklus I Pert.2 .....................................                25

4.5. Aktivitas Peserta Didik  Siklus I Pert. 2...……………………………               26

4.6. Aktifitas Kelompok Siklus I Pert. 2.....................................................               27

4.7.  Hasil Belajar Siklus I .........……………………………………........                27

4.8. Aktifitas Pembelajaran Guru Siklus II Pert. 3...........…………………              32

4.9. Aktifitas Peserta Didik  Siklus II Pert. 3...……………………………              33

4.10. Aktifitas Kelompok Siklus II Pert. 3.....................................................                        33

4.11. Hasil Belajar Siklus II .........……………………………………........              35

                                                                                                                                   

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                             Halaman

4.1    Ketuntasan belajar Klasikal Siklus I ...................................................              28

4.2    Ketuntasan belajar klasikal siklus II ...................................................              36

4.3    Aktifitas Pembelajaran Guru ..............................................................              38

4.4    Aktifitas Peserta Didik .......................................................................              39

4.5    Aktifitas Kelompok ............................................................................              40

4.6    Hasil Belajar .......................................................................................               42

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR  LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                         Halaman

1.        Surat Izin Penelitian ....................................................................               48

2.        Surat Melaksanakan Penelitian ...................................................               49

3.        Surat Izin Seminar ......................................................................               50

4.        Surat Melaksanakan Seminar ......................................................               51

5.        Surat Keterangan Perpustakaan ...................................................              52

6.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ……………………………….          53

7.        Soal Tes formatif ........................................................................               58   

8.        Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran Guru ………………….          59   

9.        Lembar Observasi Kegiatan Peserta Didik ………………………..          60  

10.    Lembar Observasi Kegiatan Kelompok ……………………………         61  

11.    Foto-foto kegiatan  ………………………………….......................         62  

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB    1

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang Masalah

Indonesia sebagai sebuah negara harus dibangun dalam pondasi pendidikan, konsekuensi ini sejalan dengan landasan yuridis konstitusional dalam amanat yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alenia IV yang berbunyi : “… Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah  Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa”, ini merupakan tujuan nasional pendidikan.

Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha mencerdaskan dan membudayakan manusia karena manusia merupakan pribadi yang utuh dan kompleks sehingga sulit dipenuhi secara maksimal. Perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan memaksa dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Oleh karena itu, berbagai upaya telah ditempuh untuk melakukan pembaharuan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan harapan supaya terbentuk manusia yang mampu menghadapi dan mengantisipasi tantangan pembangunan di masa yang akan datang.

Hal tersebut kemudian dilihat pada yuridiksi Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Bab IV Pasal 19 dikatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Mengingat pentingnya pembelajaran IPS,  peserta didik yang merupakan tunas dan harapan bangsa sudah semestinya sejak dini dilatih untuk merasa akrab dan menyukainya. Namun pada kenyataannya sekarang ini tidak jarang peserta didik kurang berminat terhadap mata pelajaran ini. Hal ini disebabkan kurangnya penguasaan peserta didik terhadap konsep yang diterima di sekolah.

Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran dituntut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh guru dengan mengedepankan keaktifan atau kreativitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Lebih lanjut Munandar, (Trianto, 2010: 168),  memberikan alasan bahwa kreativitas pada anak perlu dikembangkan karena:

“… dengan berkreasi anak dapat mewujudkan dirinya; sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah; memberikan keputusan kepada individu; dan memungkinkan meningkatkan hidupnya”.

 

Sementara menurut Kunandar, (2011: 168) mengatakan, “aktivitas peserta didik adalah keterlibatan peserta didik dalam bentuk sikap, pikiran, perhatian, dan aktivitas dalam kegiatan pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dengan memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut”. Peningkatan aktivitas peserta didik, yaitu meningkatnya jumlah peserta didik yang terlibat aktif belajar, meningkatnya jumlah peserta didik yang bertanya dan menjawab, meningkatnya jumlah peserta didik yang saling berinteraksi membahas materi pembelajaran.

Pembelajaran merupakan jalan yang harus ditempuh oleh seorang pelajar, untuk mengerti suatu hal yang sebenarnya tidak diketahui. Seorang yang melakukan kegiatan belajar dapat disebut telah mengerti suatu hal bila ia juga dapat menerapkan apa yang ia pelajarai. Menurut Sanjaya, (2010: 139-140), kegiatan yang dapat dilakukan guru, diantaranya adalah:

1)   Mengemukakan berbagai alternatif  tujuan pembelajaran yang harus dicapai sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

2)   Memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan. Dengan pemberian rencana pembelajaran, maka peserta didik akan semakin paham apa yang harus dilakukan.

3)        Membantu peserta didik dalam menarik suatu kesimpulan.

 

Proses   pembelajaran   dapat   menarik   motivasi dan respon   peserta didik   untuk   belajar   apabila   guru  melaksanakan pembelajaran tidak monoton, mampu mengembangkan daya kreativitas peserta didik,  serta berorientasi pada keberhasilan tujuan. Kenyataan yang terjadi adalah guru pada proses  pembelajaran kebanyakan hanya menggunakan ceramah dan tanyajawab, akibatnya pembelajaran terkesan  membosankan  bagi  peserta didik.  Kondisi  ini  berakibat  pada  rendahnya  aktivitas  peserta didik  dalam  pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah.   

Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Anjir Pasar menunjukkan bahwa pembelajaran IPS sampai saat ini masih belum maksimal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, ini dapat dilihat antara lain sebagai berikut:

1)      Pembelajaran IPS untuk Kurtilas masih belum maksimal diaplikasikan guru, sehingga membuat peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran .

2)      Penyajian materi yang komprehensif menjadikan peserta didik dalam proses pembelajaran terlihat masih belum fokus terhadap materi pelajaran.

Nilai minimal yang harus dicapai dalam pembelajaran IPS adalah 75.  Dari hasil evaluasi terakhir (UAS tahun ajaran 2016-2017) ketuntasan secara klasikal adalah 60 % sehingga diperlukan mengikuti program remedial untuk menuntaskan.

Peningkatan   peserta didik   dalam   pembelajaran   dapat   diupayakan   guru   dengan  melaksanakan  model  pembelajaran  yang  menarik.  Pembelajaran  dalam  bentuk  permainan  menjadi  pilihan  yang  tepat  untuk  memecahkan  permasalahan  tersebut.  Hal  inilah  yang  mendorong peneliti menggunakan model pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) untuk meningkatkan hasil belajar  peserta didik  dalam  belajar.  

Berdasarkan permasalahan tersebut di atas yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Anjir Pasar dan perlu diteliti, karena apabila tidak akan menimbulkan dampak terhadap peningkatan atau perbaikan terhadap mutu proses pembelajaran di kelas.

B.  Rumusan Masalah

      1. Bagaimana aktivitas guru dengan model pembelajaran Index Card Match dapat

          meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Anjir

          Pasar?

2. Bagaimana aktivitas peserta didik dengan model pembelajaran Index Card

     Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA di SMPN 2

     Anjir Pasar?

3. Bagaimana Hasil belajar peserta didik kelas VIIIA melalui model pembelajaran

    Index Card Match?

C. Tujuan Penelitian

Adapun  tujuan  yang  ingin  dicapai  adalah untuk mengetahui :

1. Aktivitas guru dengan model pembelajaran Index Card Match dalam

    meningkatkan hasil  belajar   peserta didik   kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Anjir

    Pasar

2. Aktivitas peserta didik dengan model pembelajaran Index Card Match dalam

    upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 2

    Anjir Pasar.

3.    Hasil belajar peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Anjir Pasar.

 

D. Manfaat Penelitian

Guru  dapat  meningkatkan  kualitas  pembelajaran,  yang  pada  akhirnya  dapat  meningkatkan  hasil belajar IPS karena peserta didik mendapatkan pengalaman berharga dengan aktif dalam proses  pembelajaran. Hasilnya merupakan sumbangan bagi upaya peningkatan kualitas pembelajaran  di sekolah sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

BAB    II

KAJIAN PUSTAKA

 

A. Pembelajaran IPS

Menurut Udin.S.Winataputra (2008:40) istilah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) untuk pertama kali muncul dalam Seminar Nasional tentang Civic Education tahun 1972 di Tawangmangu Solo. Menurut laporan hasil seminar tersebut ada tiga istilah yang muncul  dan digunakan secara bertukar-pakai, yakni “ Pengetahuan Sosial, Studi Sosial, dan Ilmu Pengetahuan sosial”, yang diartikan sebagai suatu studi masalah-masalah sosial yang dipilih dan dikembangkan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dan bertujuan agar masalah-masalah sosial itu dapat dipahami peserta didik. Dengan demikian peserta didik akan dapat meghadapi dan memecahkan masalah sosial sehari-hari.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) telah menjadi bagian dari wacana kurikulum sistem pendidikan Indonesia. PIPS merupakan program pendidikan sosial pada jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah yang mencakup mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn); IPS terpadu di sekolah SD/MI dan Paket A Luar Sekolah; IPS terkolerasi di SMP/MTs dan Paket B Luar Sekolah yang di dalamnya mencakup materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi; dan IPS terpisah di SMU/MA yang terdiri dari atas mata pelajaran geografi, sejarah, antropologi, sosiologi, ekonomi dan tata Negara.

Definisi IPS menurut National Council for Social Studies (Winataputra, 2008: 9) mendifisikan IPS sebagai berikut:

“social studies is the integrated study of the science and humanities to promote civic competence. Yhe school program, social studies provides coordinated, systematic study drawing upon such disciplines as anthropology, economics, geography, history, law, philosophy, political science, psychology, religion, and sociology, as well as appropriate content from the humanities, mathematics, and natural sciences. The primary purpose of social studies is to help young people develop the ability to make informed and reasoned decisions for the public good as citizen of a culturally diverse, democratic society in an interdependent world”.

 

"Ilmu sosial adalah studi terintegrasi dari ilmu pengetahuan dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan. Program sekolah, studi sosial menyediakan terkoordinasi, gambar studi sistematis pada disiplin ilmu seperti antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi, serta konten yang sesuai dari humaniora, matematika, dan ilmu alam. Tujuan utama penelitian sosial adalah untuk membantu kaum muda mengembangkan kemampuan untuk membuat keputusan informasi dan beralasan untuk kepentingan publik sebagai warga negara dari beragam budaya, masyarakat demokratis di dunia yang saling tergantung ".

 

Pada dasarnya Mulyono Tj. (Andrayoung, 2010:2) memberi batasan IPS adalah merupakan suatu pendekatan interdsipliner (Inter-disciplinary Approach) dari pelajaran Ilmu-ilmu Sosial. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya. Hal ini lebih ditegaskan lagi oleh Trianto (2007:124) IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. IPS dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang ilmu-ilmu sosial.

Nu’man Soemantri (Swastika, 2011:1) menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: a) menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.

Konsep IPS untuk pertama kalinya masuk ke dalam dunia persekolahan terjadi pada tahun 1972-1973, yakni dalam Kurikulum Proyek Perintis Pembangunan (PPSP) IKIP Bandung. Konsep pendidikan IPS tersebut kemudian memberi  inpirasi terhadap Kurikulum 1975 dan kurikulum selanjutnya.

Bila disimak dari perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang terwujud dalam kurikulum sampai dengan sekarang ini, pendidikan IPS di Indonesia mempunyai dua konsep pendidikan IPS, yakni; pertama, pendidikan IPS yang diajarkan dalam tradisi citizenship transmission dalam bentuk mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dan Sejarah Nasional; kedua, pendidikan IPS yang diajarkan dalam tradisi social studies dalam bentuk pendidikan IPS terpisah dari SMU, yang terkonfederasi di SMP, dan yang terintegrasi di SD (Winataputra, 2008:44).

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekarang ini pendidikan IPS untuk jenjang SMP dan MTs  dilaksanakan pembelajaran IPS secara terpadu atau IPS terpadu dengan pendekatan tematik dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Hal ini sependapat dengan Tim IKIP Surabaya (Swastika, 2011:1) mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah.

IPS bukan ilmu sosial dan pembelajaran IPS yang dilaksanakan baik pada pendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi tidak menekankan pada aspek teoritis keilmuannya, tetapi aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala, dan masalah sosial masyarakat, yang bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia.

B.  Hasil Belajar

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan peserta didik dalam menguasai bahan pelajaran yang telah dipelajarinya diperlukan suatu alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik terhadap penguasaan bahan pelajaran adalah berupa tes. Hasil belajar merupakan suatu ukuran berhasil tidaknya seorang peserta didik dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar yang diperoleh oleh seorang peserta didik dapat menjadi indicator tentang batas kemampuan, kesanggupaan, penguasaan seseorang tentang pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau nilai yang dimiliki peserta didik dalam suatu pelajaran

Menurut Dimyati dkk (2009:200) bahwa hasil belajar merupakan penilaian atau pengukuran keberhasilan belajar yang tujuan umumnya yaitu untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. Sementara ranah tujuan pendidikan berdasarkan hasil belajar peserta didik menurut Taksomi Bloom secara umum diklasifikasikan menjadi tiga, yakni: ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik (Dimyati dkk, 2009:201).

Mansyur et al. (2009:5) menyatakan: “Dalam setiap aktivitas kegiatan evaluasi selalu menjadi bagian yang sangat krusial untuk menentukan apakah aktivitas yang telah dilakukan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, seyogyanya kegiatan evaluasi harus dilakukan secara terencana, terprogram, dan terpercaya.

Secara lebih mendalam Nitko & Brookhar (2007) mendefinisikan evaluasi sebagai berikut: “Suatu proses penetapan nilai yang berkaitan dengan kinerja dan hasil karya peserta didik”. Fokus evaluasi dalam konteks ini adalah individu yaitu prestasi yang dicapai kelompok peserta didik atau kelas. Sudut pandang ini melihat bahwa evaluasi merupakan suatu proses penentuan sejauh mana tujuan pendidikan telah dicapai.

Agus (2009:5) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Merujuk pemikiran Gagne (Agus, 2009:5-6), hasil belajar berupa:

a.    Infomasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.

b.    Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambing, yang terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analisis-sintesis fakta-konsep dan mengembangkan konsep-konsep keilmuan.

c.    Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktifitas kognitifnya sendiri.

d.   Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan kordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.

e.    Sikap, merupakan kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai, serta sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.

C. Model Pembelajaran Index Card Match

1.   Pengertian

Menurut Hisyam Zaini (2008:67) model pembelajaran Index Card Match ini adalah strategi pembelajaran yang menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya atau materi baru yang diajarkan.

2.   Langkah-langkah model pembelajaran Index Card Match

1.  Buatlah potongan kertas sejumlah peserta didik yang ada dalam kelas.

2.  Bagi jumlah kertas-kertas tersebut menjadi 2 bagian yang sama.

3.  Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada

     setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi 1

     pertanyaan.

4.  Pada separo kertas lain, tulis jawaban dari pertanyaan yang tadi dibuat.

5.  Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.

6.  Beri setiap peserta didik 1 kertas. Separo peserta didik akan mendapatkan

     soal  dan separo yang lain akan mendapatkan jawaban.

7.  Minta peserta didik untuk menemukan pasangan mereka. Jika sudah

     menemukan pasangan, diminta mereka duduk berdekatan dan jangan

     memberitahukan kepada orang lain.

8.  Setelah semua peserta didik menemukan pasangan dan duduk berdekatan,

     minta setiap pasangan untuk membacakan soal dan jawaban dengan keras

     kepada teman lainnya.

9.  Akhiri proses ini dengan membuat klarafikasi dan kesimpulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB   III

METODE PENELITIAN

 

A.  Setting Penelitian

1.  Tempat Penelitian

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Anjir Pasar yang terletak di Jalan Trans Kalimantan Km. 18 Desa Gandaria Rt. 01 Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

2. Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang dimulai dari bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018. Penentuan penelitian PTK ini sudah mengacu pada kalender akademik 2018/2019.

3. Subyek Penelitian

Subyek penelitian yang akan diteliti dalam penelitian adalah  :

1.      Guru                      : Pengajar yang mengajar mata pelajaran IPS di kelas

                                VIIIA SMP Negeri 2 Anjir Pasar

2.      Peserta Didik         : Anak-anak yang duduk di kelas VIIIA SMP Negeri 2

                                Anjir Pasar berjumlah 19 orang, laki-laki 10 orang dan

                                perempuan 9 orang

3.      Hasil belajar           : Hasil penilaian yang diperoleh oleh peserta didik

                                setelah menjawab soal tes formatif pada akhir

                                pelajaran. 

 

B.  Rencana Tindakan

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali  tatap  muka atau pertemuan.  Pada  tiap  pertemuan dalam siklus  diawali  dengan  perencanaan, Pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  diakhiri  dengan  refleksi,  hingga  diperoleh  sebuah  “refleksi  final”  atau  kesimpulan  sementara  pada siklus terakhir. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Adapun  siklus penelitian yang dilakukan sebagai berikut :

1.      Siklus I

a)  Perencanaan

1) Merencanakan pembelajaran dengan membuat Rencana Pelaksanaan

    Pembelajaran (RPP).

2) Menyiapkan dan membuat kartu soal dan kartu jawaban

2) Menyiapkan soal evaluasi untuk siklus I.

3) Menyiapkan lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik yang

    meliputi interaksi antar peserta didik dan interaksi peserta didik

    dengan guru.

b) Pelaksanaan Tindakan

1) Pembelajaran di mulai dengan salam.

2) Guru mengadakan presensi terhadap kehadiran peserta didik.

3) Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang pembelajaran yang

    akan dilakukan yaitu dengan menggunakan media gambar.

4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu peserta didik dapat

     mengetahui materi yang akan diajarkan.

5) Guru menyampaikan materi pelajaran.

6) Guru meminta peserta didik untuk bergabung dengan kelompoknya

     masing-masing yang telah ditentukan .

7) Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok untuk

     didiskusikan bersama kelompoknya.

8) Peserta didik melakukan diskusi dengan kelompoknya sampai semua

    anggota kelompok mengerti dari apa yang telah didiskusikan.

9) Guru tetap memberikan bimbingan terhadap peserta didik untuk

    berdiskusi dalam kelompoknya menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

10) Guru mengambil kartu bergambar pada setiap kelompok kemudian

      diacak

11) Guru bersama peserta didik mulai melaksanakan permainan kartu

       berpasangan sebanyak 3 babak.

12) Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya

      atau mengemukakan pendapat.

13) Melaksanakan evaluasi kepada peserta didik setiap siklus

c)    Pengamatan

Peneliti bersama kolaborator saling memberi masukan dalam mengamati aktivitas peserta didik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran IPS sesuai dengan lembar observasi yang telah disiapkan.

d) Refleksi

1) Menganalisis hasil pengamatan dan evaluasi dari tahapan-tahapan

    dalam siklus I, yang dilakukan segera setelah pelaksanaan tindakan

    dan pengamatan.

2) Mendiskusikan hasil analisis untuk tindakan perbaikan pada

    pelaksanaan kegiatan penelitian pada siklus II.

 

2.    Siklus II

Pelaksanaan siklus II pada dasarnya hasil refleksi dari siklus I, dimana dilakukan tindakan yang masih dianggap kurang, belum maksimal maka diperbaiki pada siklus II.

 

 

C.  Observasi

Selama  kegiatan pembelajaran berlangsung,  aktivitas guru dan siswa diamati, dicatat  dengan menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan.

Observasi   dilaksanakan    oleh  rekan  sejawat    yang  bertindak     sebagai  pengamat  /  Observer,  selama  tindakan  kelas  dilaksananakan.  Kegiatan  observer  melakukan  pengamatan  terhadap  aktivitas  siswa   dan    aktivitas  guru,  selain itu juga diamati sejauh mana efektifitas penerapan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) yang telah disusun dalam kegiatan pembelajaran.

 

D.  Aspek Penilaian

Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  seberapa  efektif    model pembelajaran Index Card Match divariasikan  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran IPS, khususnya untuk materi Kawasan Asia Tenggara.

Aspek utama yang menjadi bahan penilaian  adalah: 

      1. Keaktifan guru dalam pembelajaran. 

      2. Keaktifan siswa dalam pembelajaran.  

      3. Hasil belajar dari tes formatif

 

E.  Analisis Data

Data dari hasil observasi dan data kuantitatif dari tes hasil belajar  dianalisis menggunakan teknik statistik sederhana, yakni dengan memperhatikan prosentase ( %)  ketuntasan  secara individual dan klasikal.  

F.  Indikator Keberhasilan

Penelitian  ini  dikatakan  berhasil  apabila  memenuhi  indikator-indikator  sebagai berikut:  

(1)        Aktifitas guru dalam pembelajaran  minimal  dapat  mencapai  katagori

   pelaksanaan cukup aktif. Adapun rumus yang digunakan di dalam adalah

         Jarak pengukuran (R)

i =

          Jumlah interval

 
   sebagai berikut :

 

 

 


Tabel. 3.1 Indikator aktivitas guru

No

Kriteria

Kategori

1

43 - 51

Sangat Aktif

2

35 - 43

Aktif

3

26 - 34

Cukup Aktif

4

17 - 25

Tidak Aktif

Di adaptasinya dari Ngalim Purwanto (2004 : 112).

(2)        Aktivitas belajar menunjukkan siswa yang diamati dengan katagori cukup

   Aktif. Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

 

 


Tabel. 3.2 Indikator aktivitas peserta didik

No

Kriteria

Kategori

1

19 -22

Sangat Aktif

2

15 - 18

Aktif

3

11 - 14

Cukup Aktif

4

7 - 10

Tidak Aktif

 

 

 

Di adaptasinya dari Ngalim Purwanto (2004 : 112).

 

 

(3)   Hasil  belajar  siswa,  yaitu  hasil penguasaan materi mencapai KKM yang

       ditetapkan sekolah  yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. 

Adapun rumus yang digunakan di dalam ketuntasan belajar adalah sebagai berikut :

a)    Ketuntasan secara individu

Nilai =  x 100%

                   Di adaptasinya dari Ngalim Purwanto (2004 : 102).

b)      Ketuntasan secara klasikal

     Untuk menghitung presentasi ketuntasan belajar siswa secara klasikal

     digunakan rumus sebagai berikut :

Nilai =  x 100%

Di adaptasi dari Ngalim Purwanto (2004:102).

 

 

G.  Hipotesis Tindakan

Hasil belajar IPS dengan materi Kawasan Asia Tenggara dapat meningkat melalui model pembelajaran pembelajaran Index Card Match.

  

 

 

 

 

 

BAB  IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

A. Hasil Penelitian

1.           Pelaksanaan Siklus I

a.         Pertemuan Pertama

1)      Persiapan Tindakan

Berdasarkan masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPS, maka peneliti mengambil tindakan pemecahan masalah yang dipandang tepat yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match.

            Kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

1)        Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2)        Menyiapkan lembar observasi Kegiatan Belajar Mengajar

3)        Menyiapkan kartu bergambar Peserta didik.

 

2)      Pelaksanaan Tindakan

Pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Agustus 2018, Pada siklus I, pertemuan pertama ini rancangan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match.  Selama pembelajaran dilakukan evaluasi proses. Alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah 2 x 40 menit (dua jam pelajaran ). 

Pada akhir dari proses pembelajaran dilakukan pendalaman materi dengan cara tanya jawab kemudian menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan peserta didik.

3)      Observasi

(a)     Aktifitas Pembelajaran Guru

      Tabel 4.1 :   Observasi aktifitas pembelajaran guru

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Skor

Cat.

3

2

1

A

Pendahuluan

1

Membuka pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

2

Apersepsi/motivasi/pre test

 

v

 

 

3

Menyebutkan dan Menuliskan tema/judul

 

v

 

 

4

Menyebutkan dan menuliskan tujuan Pel.

 

 

v

 

B

Kegiatan Inti

1

Persiapan materi pembelajaran

v

 

 

 

2

Penyajian materi sesuai urutan

 

v

 

 

3

Metode dan model sesuai materi

v

 

 

 

4

Penggunaan alat bantu/peraga

v

 

 

 

5

Pengelolaan kelas

 

v

 

 

6

Bimbingan pada peserta didik

 

v

 

 

7

Memberi kesempatan bertanya jawab

 

 

v

 

8

Pengg. Bhs. Indonesia

v

 

 

 

9

Pengem.Ketramp.peserta didik

 

 

v

 

C

Penutup

1

Membuat kesimpulan

v

 

 

 

2

Pemberian tugas

v

 

 

 

3

PBM sesuai alokasi waktu

 

v

 

 

4

Menutup pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

Total skor yang diperoleh

24

12

3

39

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPS untuk pertemuan pertama diketahui bahwa tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru dalam RPP sebagian sudah dilaksanakan sesuai dengan lembar format observasi yang telah ditetapkan. Cara dan gaya penyampaian materi oleh guru sudah baik, karena dalam penjelasan menggunakan alat peraga atau bantu, kemudian dalam tahapan pembagian kelompok sudah memenuhi kondisi belajar, sehingga peserta didik sudah siap dengan model Index Card Match  yang ditetapkan. Aktifitas guru dalam KBM pertemuan pertama termasuk dalam kriteria nilai 35 – 43 dengan kategori cukup aktif.

(b)     Aktifitas Pembelajaran Peserta Didik

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran IPS untuk siklus I ditunjukkan pada tabel 4.2 sebagai berikut

       Tabel 4.2 : Observasi aktifitas peserta didik

No

Kegiatan Peserta Didik

Nilai

 

1

2

3

Ttl

1

Antusias mengikuti pelajaran

 

v

 

 

2

Menyimak ketika guru memberi pelajaran

 

 

v

 

3

Mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat

v

 

 

 

4

Tidak canggung mengajukan pertanyaan

 

 

v

 

5

Melakukan aktivitas dalam pembelajaran

 

 

v

 

6

Menunjukkan keinginan dalam belajar

 

v

 

 

7

Berbahasa baik dan benar

 

 

v

 

Jumlah nilai diperoleh

1

4

12

∑ 17

 

 

Berdasarkan data dari tabel 4.2 menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung  aktif, dimana perolehan nilai skor 17, berada pada kriteria rentang nilai 15 - 18 dengan kategori aktif.

 

 

 

(c)      Aktifitas Pembelajaran Kelompok

Dari pengamatan aplikasi model pembelajaran pada mata pelajaran IPS untuk pertemuan pertama ditunjukkan pada tabel 4.3 sebagai berikut :

                  Tabel 4.3 : Observasi aktifitas Kelompok

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

4

5

6

1

Persiapan belajar

3

3

3

3

3

3

2

Aktivitas dalam kelompok

3

3

3

3

3

3

3

Partisipasi anggota

3

3

3

3

3

3

4

Ketuntasan belajar

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

12

12

12

12

12

12

 

Rata-rata

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

 

Berdasarkan data dari tabel 4.3. Enam kelompok yang diamati berdasarkan aspek yang dinilai diperoleh rata-rata nilai skor termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Berarti menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kelompok berlangsung aktif.

 

b.        Pertemuan Kedua

1)        Persiapan Tindakan

Berdasarkan pertemuan pertama sudah dapat terlihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match baik individu maupun kelompok, maka materi berikutnya dilanjutkan lagi pada pertemuan kedua.

           Kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

1)        Menyiapkan Kartu bergambar untuk Peserta didik.

2)        Menyiapkan lembar observasi kegiatan peserta didik

3)        Menyiapkan lembar kerja

4)        Membuat evaluasi dalam bentuk tes formatif

2)        Pelaksanaan Tindakan

Pada siklus I pertemuan pertama belum tercapai maka dilaksanakan pertemuan kedua  pada hari Selasa, 14 Agustus 2018, Pada siklus I, pertemuan kedua ini rancangan pembelajaran mengulang materi pada pertemuan pertama yang masih belum dipahami oleh peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match.  Setelah pembelajaran dilakukan melalui evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes formatif. Alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah 2 x 40 menit (dua jam pelajaran ).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3)      Observasi

a)      Aktivitas Pembelajaran Guru

      Tabel 4.4 :   Observasi aktifitas pembelajaran guru

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Skor

Cat.

3

2

1

A

Pendahuluan

1

Membuka pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

2

Apersepsi/motivasi/pre test

 

v

 

 

3

Menyebutkan dan Menuliskan tema/judul

 

v

 

 

4

Menyebutkan dan menuliskan tujuan Pel.

 

 

v

 

B

Kegiatan Inti

1

Persiapan materi pembelajaran

v

 

 

 

2

Penyajian materi sesuai urutan

 

v

 

 

3

Metode dan model sesuai materi

v

 

 

 

4

Penggunaan alat bantu/peraga

v

 

 

 

5

Pengelolaan kelas

 

v

 

 

6

Bimbingan pada peserta didik

 

v

 

 

7

Memberi kesempatan bertanya jawab

 

 

v

 

8

Pengg. Bhs. Indonesia

v

 

 

 

9

Pengem.Ketramp.peserta didik

 

 

v

 

C

Penutup

1

Membuat kesimpulan

v

 

 

 

2

Pemberian tugas

v

 

 

 

3

PBM sesuai alokasi waktu

 

v

 

 

4

Menutup pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

Total skor yang diperoleh

24

12

3

39

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPS untuk pertemuan kedua diketahui bahwa tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru dalam RPP sebagian sudah dilaksanakan sesuai dengan lembar format observasi yang telah ditetapkan. Cara dan gaya penyampaian materi oleh guru sudah baik, karena dalam penjelasan menggunakan alat peraga atau bantu, kemudian dalam tahapan pembagian kelompok sudah memenuhi kondisi belajar, sehingga peserta didik sudah siap dengan model Index Card Match  yang ditetapkan. Aktifitas guru dalam KBM pertemuan pertama termasuk dalam kriteria nilai 35 – 43 dengan kategori cukup aktif.

b)     Aktifitas Pembelajaran Peserta Didik

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran IPS untuk siklus I ditunjukkan pada tabel 4.5 sebagai berikut :

       Tabel 4.5 : Observasi aktifitas peserta didik

No

Kegiatan Peserta Didik

Nilai

 

1

2

3

Cat.

1

Antusias mengikuti pelajaran

 

v

 

 

2

Menyimak ketika guru memberi pelajaran

 

 

v

 

3

Mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat

v

 

 

 

4

Tidak canggung mengajukan pertanyaan

 

 

v

 

5

Melakukan aktivitas dalam pembelajaran

 

 

v

 

6

Menunjukkan keinginan dalam belajar

 

v

 

 

7

Berbahasa baik dan benar

 

 

v

 

Jumlah nilai diperoleh

1

4

12

∑ 17

 

 

Berdasarkan data dari tabel 4.5 menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung  aktif, dimana perolehan nilai skor 17, berada pada kriteria rentang nilai 15 - 18 dengan kategori aktif.

 

 

 

 

 

 

c)      Aktifitas Pembelajaran Kelompok

Dari pengamatan pertemuan kedua ditunjukkan pada tabel 4.6 sebagai berikut :

                  Tabel 4.6 : Observasi aktifitas Kelompok

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

4

5

6

1

Persiapan belajar

3

3

3

3

3

3

2

Aktivitas dalam kelompok

3

3

3

3

3

3

3

Partisipasi anggota

3

3

3

3

3

3

4

Ketuntasan belajar

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

12

12

12

12

12

12

 

Rata-rata

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

 

Berdasarkan data dari tabel 4.6, enam kelompok yang diamati berdasarkan aspek yang dinilai diperoleh rata-rata nilai skor termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Berarti menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kelompok berlangsung aktif.

(c)    Hasil Belajar Peserta didik

Hasil belajar siswa  dapat dilihat pada tabel 4.7 dalam pertemuan kedua adalah sebagai berikut:

         Tabel 4.7 : Nilai tes formatif siklus I pertemuan kedua

No

Rentang nilai

f

Ketuntasan

Persen

1

10

-

-

-

2

9

1

Tuntas

4,34

3

8

2

Tuntas

8,69

4

7

9

Tuntas

39,13

5

6

6

Tidak Tuntas

26,07

6

5

5

Tidak Tuntas

21,74

Jumlah

23

 

100

Rata-rata

6,47

 

Berdasarkan tabel 4.7 dapat dilihat bahwa hasil tes formatif pertemuan kedua untuk peserta didik kelas VIIIA yang memperoleh nilai 9 sebanyak 1 orang (4,34%), nilai 8 sebanyak 2 orang (8,69%), nilai 7 sebanyak 9 orang (39,13%), nilai 6 sebanyak 6 orang (26,07%), dan nilai 5 sebanyak 5 orang (21,74%).  Rata-rata nilai tes formatif diperoleh nilai  6,47 masih berada di bawah nilai 7,00 yang ditetapkan KKM.

Sementara ketuntasan hasil belajar secara klasikal dapat dilihat pada gambar berikut ini :

                                 Gambar  4.1 : Ketuntasan belajar klasikal peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada pertemuan kedua siklus I diketahui bahwa dari 23 orang peserta didik yang mengikuti  test formatif diperoleh (52,17%) atau 12 orang peserta didik yang mendapat nilai setara dan di atas KKM dan (47,82%) atau 11 orang mendapat nilai di bawah KKM.

 

4)          Refleksi

Berdasarkan hasil observasi pada pertemuan pertama dan kedua siklus I, yang sudah dilaksanakan dengan model pembelajaran Index Card Match ditemukan hal-hal sebagai berikut :

1)        Aktifitas guru dalam KBM pertemuan pertama termasuk dalam kriteria nilai 35 – 43 dengan kategori cukup aktif.

2)        Aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung aktif, dimana perolehan nilai skor 17, berada pada kriteria rentang nilai 15 - 18 dengan kategori aktif.

3)        Diperoleh rata-rata nilai skor termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Berarti menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kelompok berlangsung aktif.

4)        Dari nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai adalah 6,47 dan ketuntasan klasikal sebesar 52,17%. Hal ini belum memenuhi dari standar kompetensi, yaitu sekurang-kurangnya 80% dari keseluruhan peserta didik yang mencapai nilai KKM, yaitu untuk pelajaran  IPS  7,00.

Dengan rata-rata hasil test formatif peserta didik 6,47 dan persentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,17% tersebut menunjukkan tidak tercapainya nilai KKM dan ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan model pembelajaran Index Card Match  pada siklus I.

Berdasarkan hasil temuan di atas maka strategi pembelajaran Index Card Match  yang awalnya di laksanakan sesuai dengan prosedur untuk pertemuan (siklus II) berikutnya lebih disempurnakan lagi baik cara permainannya maupun tingkat kesulitan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat dalam kartu, sehingga nantinya akan memudahkan anak dengan cepat menjawab pertanyaan yang diberikan dan memasangkannya dengan kawan yang lain, karena sifat pertanyaan dalam pembelajaran ini tergantung waktu yang telah disediakan.

Pencarian kartu berpasangan lebih diperbanyak agar banyak kesempatan untuk membantu kelompoknya dalam menjawab pertanyaan, dengan demikian akan tercapai kekompakan dan kesempatan mendapat nilai untuk kelompoknya.

Waktu untuk mencari pasangan antara pertanyaan dan jawaban dalam pembelajaranpun lebih diperpanjang durasinya, pada siklus I hanya 15 detik menjadi 30 detik pada siklus II agar baik guru maupun peserta didik lebih lama dan banyak waktu untuk merasakan ramai dan asiknya pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match  ini.

 

2.      Pelaksanaan Siklus II

a.      Pertemuan Ketiga

1)      Persiapan Tindakan

           Kegiatan perencanaan pada siklus II pertemuan ketiga ini dilaksanakan berdasarkan temuan-temuan dari refleksi siklus I. Diharapkan dalam pertemuan ketiga ini aktifitas pembelajaran akan lebih baik, kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

1)        Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2)        Menyiapkan Lembar observasi Kegiatan Belajar Mengajar

3)        Menyiapkan kartu bergambar

 

2)      Pelaksanaan Tindakan

Pertemuan ketiga dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Agustus 2018, Pada siklus II, pertemuan ketiga ini rancangan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Index Card Match.  Selama pembelajaran dilakukan melalui evaluasi proses. Alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah 2 x 40 menit (dua jam pelajaran ). 

Pada akhir dari proses pembelajaran dilakukan pendalaman materi dengan cara menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3)      Observasi

(a)      Aktifitas Pembelajaran Guru

      Tabel 4.8 :   Observasi aktifitas pembelajaran guru

No

Kegiatan Belajar Mengajar

Skor

Cat.

3

2

1

A

Pendahuluan

1

Membuka pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

2

Apersepsi/motivasi/pre test

v

 

 

 

3

Menyebutkan dan Menuliskan tema/judul

v

 

 

 

4

Menyebutkan dan menuliskan tujuan Pel.

v

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1

Persiapan materi pembelajaran

v

 

 

 

2

Penyajian materi sesuai urutan

 

v

 

 

3

Metode dan model sesuai materi

v

 

 

 

4

Penggunaan alat bantu/peraga

v

 

 

 

5

Pengelolaan kelas

 

v

 

 

6

Bimbingan pada peserta didik

 

v

 

 

7

Memberi kesempatan bertanya jawab

 

v

 

 

8

Pengg. Bhs. Indonesia

v

 

 

 

9

Pengem.Ketramp.peserta didik

 

 

v

 

C

Penutup

 

 

 

 

1

Membuat kesimpulan

v

 

 

 

2

Pemberian tugas

v

 

 

 

3

PBM sesuai alokasi waktu

 

v

 

 

4

Menutup pelajaran dan memberi salam

v

 

 

 

Total skor yang diperoleh

33

10

1

44

 

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPS untuk pertemuan ketiga diketahui bahwa tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru dalam RPP sebagian sudah dilaksanakan sesuai dengan lembar format observasi yang telah ditetapkan. Cara dan gaya penyampaian materi oleh guru diperbaiki lagi dari siklus I. Dalam penjelasan menggunakan alat peraga atau bantu. Peserta didik kembali disuruh kekelompoknya seperti semula untuk kembali belajar dengan model Index Card Match  yang sudah pernah dilaksanakan sebelumnya. Aktifitas guru dalam KBM pertemuan ketiga termasuk dalam kriteria nilai 44 - 51 dengan kategori  sangat aktif.

(b)     Aktifitas Pembelajaran Peserta Didik

Dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran IPS untuk pertemuan ketiga  siklus II ditunjukkan pada tabel 4.9 sebagai berikut

       Tabel 4.9 : Observasi aktifitas peserta didik

No

Kegiatan Peserta Didik

Nilai

 

1

2

3

Cat.

1

Antusias mengikuti pelajaran

 

 

v

 

2

Menyimak ketika guru memberi pelajaran

 

 

v

 

3

Mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat

 

v

 

 

4

Tidak canggung mengajukan pertanyaan

 

 

v

 

5

Melakukan aktivitas dalam pembelajaran

 

 

v

 

6

Menunjukkan keinginan dalam belajar

 

 

v

 

7

Berbahasa baik dan benar

 

 

v

 

Jumlah nilai diperoleh

 

1

18

∑ 19

 

 

Berdasarkan data dari tabel 4.9 menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berlangsung aktif, dimana perolehan nilai skor 19, berada pada kriteria rentang nilai 19 - 21 dengan kategori sangat aktif.

(c)      Aktifitas Pembelajaran Kelompok

                  Tabel 4.10 : Observasi aktifitas Kelompok

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

4

5

6

1

Persiapan belajar

3

3

3

3

3

3

2

Aktivitas dalam kelompok

3

3

3

3

3

3

3

Partisipasi anggota

3

3

3

3

3

3

4

Ketuntasan belajar

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

12

12

12

12

12

12

 

Rata-rata

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

3,0

 

Berdasarkan data dari tabel 4.10, enam  kelompok pada pertemuan ketiga yang diamati berdasarkan aspek yang dinilai diperoleh rata-rata nilai skor termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Berarti menunjukkan bahwa aktifitas peserta didik dalam kelompok berlangsung aktif.

 

b.        Pertemuan Keempat

1)   Persiapan Tindakan

Berdasarkan pertemuan ketiga materi pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match telah selesai, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi hasil belajar pertemuan keempat. Kegiatan perencanaan yang dilakukan antara lain:

1)      Menyiapkan soal tes formatif

2)  Membuat evaluasi.

 

2) Pelaksanaan Tindakan

Tindakan siklus II pertemuan keempat dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 28 agustus 2018, Pada siklus II pertemuan keempat ini dilakukan evaluasi hasil belajar. Alokasi waktu pertemuan adalah dua jam pelajaran (80 menit). 

 

 

 

3) Observasi

Hasil Belajar Peserta didik

Hasil analisis dapat dilihat pada diagram nilai  yang dilakukan pada pertemuan keempat siklus II adalah sebagai berikut:

                 Tabel 4.11 : Nilai tes formatif siklus II

No

Rentang nilai

f

Ketuntasan

Persen

1

10

12

Tuntas

52,17

2

9

4

Tuntas

17,39

3

8

4

Tuntas

17,39

4

7

2

Tuntas

8,69

5

6

1

Tidak Tuntas

4,35

6

5

-

-

-

Jumlah

23

 

100

Rata-rata

9,04

 

Berdasarkan tabel 4.11 dapat dilihat bahwa hasil tes formatif untuk peserta didik kelas VIIIA yang memperoleh nilai 10 sebanyak 12 orang (52,17%), kemudian nilai 9 sebanyak 4 orang (17,39%), nilai 8 sebanyak 4 orang (17,39), nilai 7 sebanyak 2 orang (8,69%) dan nilai 6 sebanyak 1 orang (4,35%). Rata-rata nilai tes formatif untuk siklus II diperoleh nilai  9,04 berada di atas nilai 7,00 yang ditetapkan KKM.

 

 

 

 

 

 

Sementara ketuntasan hasil belajar secara klasikal dapat dilihat pada gambar berikut ini :

                                  Gambar 4.2 : Ketuntasan belajar klasikal peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada siklus II diketahui bahwa dari 23 orang peserta didik yang mengikuti  test formatif diperoleh (95,65%) atau 22 orang peserta didik yang mendapat nilai setara dan di atas KKM dan (4,35%) atau 1 orang mendapat nilai di bawah KKM.

Dengan persentasi ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,65% tersebut menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan model pembelajaran Index Card Match  pada siklus II.

 

 

4)    Refleksi

Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, yang sudah dilaksanakan dengan model pembelajaran Index Card Match  ditemukan hal-hal sebagai berikut :

1)        Aktivitas guru dalam pembelajaran IPS diperoleh skor nilai pada kriteria 44 – 51 dengan kategori sangat aktif.

2)        Aktivitas pembelajaran peserta didik dengan kriteria 19 – 21 dengan kategori sangat aktif.

3)        Aktivitas pembelajaran peserta didik secara kelompok dengan kriteria 3,0 – 3,9 kategori aktif

4)        Dari nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai adalah 9,04 dan ketuntasan klasikal sebesar 95,65 %. Hal ini sudah memenuhi bahkan melebihi dari standar kompetensi, yaitu sekurang-kurangnya 80% dari keseluruhan peserta didik yang mencapai nilai KKM, yaitu untuk pelajaran  IPS  70.

Dengan demikian penggunaan model pembelajaran ICM dalam pembelajaran IPS dengan materi Kawasan Asia Tenggara sangat baik dan tepat diterapkan, karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

B.   Pembahasan

1.  Aktifitas guru dalam pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Index Card Match  untuk aktifitas guru dapat meningkat, dimana dalam siklus I untuk pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 39, berarti aktifitas guru termasuk dalam kriteria 35 – 43 dengan kategori cukup aktif. Dalam siklus II pertemuan ketiga dan keempat diperoleh skor 44, menunjukkan bahwa aktiftas guru termasuk dalam kriteria 44 – 51 dengan kategori aktif. Keaktifan guru dapat dilihat pada gambar berikut ini :

                                  Gambar 4.3 : Aktifitas guru dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

Dari 2 siklus yang dilaksanakan terjadi peningkatan dalam aktiftas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model Index Card Match , dimana skor pada siklus I diperoleh 39 dengan kategori aktif lalu meningkat pada siklus II menjadi 44 dengan kategori sangat aktif, terjadi peningkatan kenaikan skor sebesar 5 point dan peningkatan status kategori.

 

2. Aktifitas pembelajaran peserta didik

Berdasarkan hasil data observasi diperoleh bahwa aktifitas pembelajaran peserta didik pada siklus I dengan skor 17, berarti aktifitas termasuk dalam kriteria 15 – 18 dengan kategori aktif dan untuk siklus II aktiftas diperoleh skor 19  termasuk dalam kriteria seperti siklus II dengan kategori sangat aktif.

Aktifitas pembelajaran peserta didik meningkat 3 point tapi masih tetap pada kategori aktif. Keaktifan pembelajaran peserta didik  dapat dilihat pada gambar berikut ini :

                                  Gambar 4.4 : Aktifitas peserta didik  dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

3.      Aktifitas pembelajaran kelompok

Aktifitas pembelajaran kelompok yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan empat kali pertemuan diperoleh skor nilai untuk keaktifan sama yaitu 3,0 termasuk dalam kriteria 3,0 – 3,9 dengan kategori aktif. Keaktifan pembelajaran peserta didik  dapat dilihat pada gambar berikut ini :

 

 

 

 

                               Gambar 4.5 : Aktifitas kelompok dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Hasil belajar

Pelaksanaan model pembelajaran Index Card Match  yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPS dengan materi kawasan Asia Tenggara diperoleh berdasarkan tabel 4.6 dapat dilihat bahwa hasil tes formatif siklus I pertemuan kedua untuk peserta didik kelas VIIIA yang memperoleh nilai 9 sebanyak 1 orang (4,34%), nilai 8 sebanyak 2 orang (8,69%), nilai 7 sebanyak 9 orang (39,13%), nilai 6 sebanyak 6 orang (26,07%), dan nilai 5 sebanyak 5 orang (21,74%).  Rata-rata nilai tes formatif diperoleh nilai  6,47 masih berada di bawah nilai 7,00 yang ditetapkan KKM.

Berdasarkan hasil analisis dari hasil belajar peserta didik pada pertemuan kedua siklus I diketahui bahwa dari 23 orang peserta didik yang mengikuti  test formatif diperoleh (52,17%) atau 12 orang peserta didik yang mendapat nilai setara dan di atas KKM dan (47,82%) atau 11 orang mendapat nilai di bawah KKM.

Dari nilai hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata nilai adalah 6,47 dan ketuntasan klasikal sebesar 52,17%. Hal ini belum memenuhi dari standar kompetensi, yaitu sekurang-kurangnya 80% dari keseluruhan peserta didik yang mencapai nilai KKM, yaitu untuk pelajaran  IPS  7,00.

Hasil dari tes formatif siklus II pada pertemuan keempat dari 23 orang peserta didik, 12 orang (52,17%) mendapat nilai 100, 4 orang (17,39% ) mendapat nilai 90, 4 orang (17,39%) mendapat nilai 80, 2 orang (8,69%) mendapat nilai 70, dan 1 orang (4,35%) mendapat nilai 60. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 9,04 dan ketuntasan belajar klasikal  sebesar 95,65% menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar yang ingin dicapai yaitu 80 % dengan model pembelajaran Index Card Match.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  meningkatnya nilai hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS sangat signifikan pabila dilakukan dengan model pembelajaran Index Card Match, terlihat dari nilai hasil belajar peserta didik meningkat. Untuk nilai rata-rata hasil belajar siklus I 6,47 menjadi 9,04 pada siklus II, berarti terjadi peningkatan 2,57. Ketuntasan secara klasikal  pada siklus I sebanyak 52,17% atau 12 orang menjadi 95,65% pada siklus II meningkat sebanyak 22 orang.

 

 

 

                                        Gambar 4.6 : Hasil Belajar Peserta Didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB     V

PENUTUP

 

A.   Kesimpulan

1. Terjadi peningkatan dalam aktiftas guru dalam pembelajaran dengan

    menggunakan model pembelajaran Index Card Match  , dimana skor pada

    siklus I diperoleh 39 dengan kategori cukup aktif lalu meningkat pada siklus II

    menjadi 44 dengan kategori aktif, terjadi peningkatan kenaikan skor sebesar 5

    point dan peningkatan status  kategori.

  1. Aktifitas pembelajaran peserta didik meningkat siklus I skor 17 menjadi 19

 pada siklus II naum masih tetap pada kategori aktif.

3. Hasil belajar peserta didik dengan materi Kawasan Asia Tenggara dalam

pembelajaran IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Anjir Pasar dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkat. Untuk nilai rata-rata hasil belajar siklus I 6,47 menjadi 9,04 pada siklus II, bearti terjadi peningkatan 2,57. Ketuntasan secara klasikal  pada siklus I sebanyak 52,17% atau 12 orang menjadi 95,65% pada siklus II meningkat sebanyak 22 orang.

 

B.   Saran-saran

1.  Guru mata pelajaran IPS hendaknya menggunakan model pembelajaran

     Index Card Match untuk materi-materi yang sesuai karena penggunaannya

     dapat  mendorong motivasi dan meningkatkan nilai hasil belajar.

 

2.  Diharapkan guru-guru mata pelajaran IPS dapat menggunakan model

     pembelajaran  yang lainnya yang lebih menarik agar peserta didik lebih

     termotivasi dan hasil belajarnya akan lebih baik dalam proses

     pembelajarannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Damiyati dan Modjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Rineka Cipta.

Hisyam Zaini, 2008. Strategi Pembelajaran aktif. Jogjakarta: Pustaka Insan Madani.

Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mansyur, et al., 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo

Nasution., 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto ngalim,2002.Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Renaya Rosdakarya.

Priyitno, Elida, 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta : P2LPTK.

Sanjaya, 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A. M, 2003. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.  Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Udin S. Winataputra, 2008. Materi dan Pembelajaran IPS. Jakarta. Universitas Terbuka.

 

 

 

 

viii

 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menggunakan Google Classroom Sebagai Kelas Belajar Online

  Masa pandemi Covid-19 saat ini masih berlangsung dan terus mewabah di semua wilayah Indonesia banyak sudah korban berjatuhan, tidak hanya ...